BRI-Pertamina Luncurkan Mocash Untuk Pembayaran Elpiji 3Kg

DEWAN PERS WARTAKEPRI

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 0

JAKARTA, WARTAKEPRI.co.id – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk bekerja sama dengan PT Pertamina (Persero) resmi meluncurkan fasilitas pembayaran elpiji 3 kg menggunakan Mocash BRI di Kantor Pusat Pertamina Jakarta, Jumat (5/2/2016).

Mocah BRI terhubung secara “host to host” dengan sistem monitoring penyaluran elpijiL 3 kg yang dinamakan Mocash Pertamina LPG.

Peluncuran itu ditandai dengan penandatanganan nota kerja sama antara kedua belah pihak yang dilakukan oleh Direktur Kelembagaan Bank BRI Kuswiyoto dan Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang.

Sinergi kedua BUMN tersebut bertujuan untuk mempermudah transaksi pembayaran dari pangkalan LPG 3 Kg kepada Agen Pertamina.

“Selama ini, transaksi pembayaran dilakukan secara tunai sehingga menimbulkan resiko di sisi agen dalam pengelolaan uang tunai. Melalui Mocash Pertamina LPG, transaksi dapat dilakukan secara cashless, penghitungan secara real time online dan setiap transaksi akan terbuku by system,” kata Corporate Secretary Bank BRI Hari Siaga dalam pernyataan resmi.

Bank BRI menggandeng Pertamina dalam rangka mendukung Less Cash Society (masyarakat non tunai) dalam transaksi pembayaran LPG 3 Kg dari Pangkalan kepada Agen LPG 3 Kg.

Mocash merupakan salah satu layanan di Mobile Banking BRI untuk kemudahan melakukan transaksi pembayaran/ belanja menggunakan telepon seluler baik berbasis aplikasi atau melalui SMS.

Untuk mendapatkan aplikasi, nasabah hanya perlu mendownload aplikasi BRI Mobile di handphone nasabah masing-masing.

Untuk setiap transaksi pembelian tabung LPG 3 Kg menggunakan Mocash, nasabah hanya perlu masuk ke BRI Mobile dan pilih Mobile Banking BRI, dan pilih Mocash, selanjutnya pilih Mocash Pertamina LPG.

Pangkalan cukup menginput Store Id Agen (8 digit Kode Agen), Jumlah Pembayaran, ID Pangkalan (15 Digit), Jumlah tabung LPG (sesuai kuota yang diberikan Pertamina), dan tanggal pengiriman.

Dengan integrasi sistem ini, Pertamina dapat memonitor langsung penyaluran dan kuota tabung LPG 3 Kg yang diberikan baik kepada Agen maupun Pangkalan.

Menurut Hari, Bank BRI terus berupaya untuk mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang telah dicanangkan oleh Bank Indonesia dan Pemerintah.

Salah satu wujud nyata dari upaya tersebut adalah MOU kerjasama BRI dengan Pertamina dalam rangka pembayaran LPG 3 kg dari Pangkalan ke Agen menggunakan Mocash Pertamina LPG.

Melalui kerjasama ini, baik Pangkalan maupun Agen LPG 3 kg tidak perlu lagi mengalami kesulitan dalam pengelolaan uang tunai untuk transaksi pembelian LPG sehari-hari. Pangkalan dan Agen juga secara otomatis mendapat notifikasi transaksi melalui pesan singkat pada handphone yang mereka miliki.

Monitoring transaksi juga dapat dilakukan oleh masing-masing agen melalui web keagenan BRI melalui situs https://agen.bri.co.id. (antara/we)

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 0

Berita Terkait




PEMPROV KEPRI
DPRD BATAM
PEMKAB BINTAN
PEMKAB LINGGA
SAMSAT KEPRI KODIM BATAM