PWI Pusat Targetkan 7.000 Wartawan Ikuti UKW di Tahun 2016

DEWAN PERS WARTAKEPRI

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 0
MATARAM, WARTAKEPRI.co.id – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat menargetkan 7.000 wartawan alias jurnalis mengikuti uji kompetensi wartawan pada 2016.

Ketua PWI Pusat, Margiono, di Mataram mengatakan, uji kompetensi menjadi prioritas organisasi sehingga harus mendapat dukungan seluruh pengurus provinsi PWI.

“Kami maklumi beberapa pengurus PWI di daerah menemui kendala menyelenggarakan uji kompetensi, yakni pendanaan tetapi sudah menjadi tanggungjawab pengurus mencari solusi,” kata Margiono, pada rapat kerja PWI serangkaian Hari Pers Nasional, di Mataram, NTB.

Mataram menjadi tuan rumah peringatan puncak Hari Pers Nasional 2016. TNI AL juga mendukung dengan menggelar pelayaran KRI Makassar-590 rute Surabaya-Mataram, sebagai lokasi berbagai seminar dan lokakarya terkait Hari Pers Nasional 2016 itu.

Ditambahkan Margiono, uji kompetensi penting untuk memastikan wartawan anggota PWI memiliki kapasitas sebagai sosok yang pantas dan mumpuni untuk menyandang profesi kewartawanan.

Data PWI, hingga 2015 sudah tercatat 5.363 orang dinyatakan kompeten sebagai jurnalis, yang dibagi menjadi tiga kategori, yaitu wartawan muda, wartawan madya, dan wartawan utama. 

Jumlah 5.363 wartawan yang lulus uji kompetensi wartawan itu masih jauh dari jumlah wartawan anggota PWI sebanyak 14.000 orang.

Sejak menjadi lembaga penguji pada 2011, PWI sudah menyelenggarakan 170 kali ujian dengan tingkat kelulusan peserta 85 persen.

Tiga daerah mendapat apresiasi dari PWI Pusat atas penyelenggaraan uji kompetensi wartawan, yakni Jawa Timur, DKI Jakarta, dan Lampung,

“Secara umum UKW terselenggara atas dukungan dari pemerintah daerah dan pemangku kepentingan karena menginginkan wartawan profesional dan menjunjung tinggi etika,” kata Margiono.

Sementara itu, Ketua PWI Kepri , Ramon Damora mengatakan, PWI harus menjalin kemitraan dengan pihak lain untuk membantu penyelenggaraan uji kompetensi.
” Tahun 2016 ini, kita PWI juga akan menggelar UKW beberapa kali lagi. Mengingat masih ada wartawannya belum bisa mengikuti UKW. Seperti di daerah Anambas, Natuna belum semua, atau kita laksanakan lagi untuk peningkatan kartu UKW dari pemegang kartu muda ke Madya dan Utama,” tambah Ramon. (ded/ant)

 

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 0

Berita Terkait




PEMPROV KEPRI
DPRD BATAM
PEMKAB BINTAN
PEMKAB LINGGA
SAMSAT KEPRI KODIM BATAM