Diplomat Polandia Berkunjung ke Anambas, Bupati Tawarkan 225 Pulau 


WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – Diplomat Tingkat tinggi Konselor pertama Republik Polandia Mr. Romuald Morawski merupakan kepala devisi perdagangan dan investasi kedubes Polandia, beserta istri Elzbieta Morowska berkunjung Ke Kabupaten Kepulauan Anambas.
Kunjungan ‎disambut Bupati Anambas Abdul Haris, SH.Rabu,(28/9/2016) di Aula kantor Bupati Anambas Mereka dialog Bupati Haris, memaparkan kondisi Wilayah Kab Anambas dan permasalahan hadapi.

Hadapan Diplomat Republik Polandia , Haris menjelaskan, Anambas daerah kepulauan maritim mempunyai komitmen perlu teratasi diantaranya menyelesaikan persoalan kebutuhan dasar seperti air bersih, listrik, telekomunikasi dan transportasi. papar Haris.

Lebih jauh Haris menjelaskan, Pemkab menyediakan pendidikan dan kesehatan untuk semua serta menjadikan perikanan maupun pariwisata sebagai basis utama pembangunan daerah.

Ada lima potensi besar Anambas diantaranya ship servis, fishery, oil dan gas, tourism dan granit.

Selain itu lanjut Haris,Anambas terdapat 255 pulau eksotik cocok dikembangkan menjadi pariwisata.

Rencana pengembangan kawasan ekonomi khusus pariwisata berada dikecamatan Jemaja dengan total anggaran sebesar Rp 3,148 T dan untuk mendukung pariwisata.

Anambas juga terdapat dua bandara dan pengembangan pulau Penjalin dengan asumsi anggaran Rp 723,8 M.

Sedangkan pengembangan pulau Siantan untuk pariwisata maupun perikanan dan pulau bawah telah dikembangkan namun baru mencapai 80 persen.

Masih Kata Haris, persoalan saat ini oleh Anambas,keterbatasan infrastruktur untuk kedatangan lokal maupun mancanegara, Terang Haris.

Diharapkan dengan adanya kunker kedubes Polandia untuk Indonesia bisa menyakinkan kepada investor Polandia untuk berinvestasi di Anambas.terang Haris.

Sementara konselor pertama Romuald Morawski, memaparkan kondisi dan potensi negaranya Polandia.

“Polandia merupakan mitra kerjasama perdagangan dan investasi yang sangat potensial bagi Indonesia,”kata Romual.

Selama tahun 2015 pemerintah Republik Polandia telah menerima kunjungan resmi dari sejumlah menteri kabinet pemerintah presiden Joko Widodo dan telah menandatangi MOU kerjasama industri Indonesia-Polandia bidang maritim, energi, makanan-minuman dan alat kesehatan.

Pada konfensi tentang MEA di Warsawa pada 8 desember 2015 pihak Polandia menyampaikan bahwa kerjasama dengan asean khususnya Indonesia,merupakan salah satu prioritas kebijakan negara Polandia di tahun 2016.terangnya.

Sebagai bagian dari upaya untuk menindak lanjuti berbagai pertemuan tersebut,konselor pertama melakukan kunjungan resmi ke Anambas dengan maksud kunjungan tersebut untuk mengenal lebih jauh tentang potensi ekonomi Anambas dan bertukar informasi mengenai peluang kerjasama perdagangan dan investasi.

Secara khusus Polandia dapat menawarkan kerjasama dibidang teknologi pertambangan dan migas,industri pengolahan dan manufaktur, teknologi pertanian, kehutanan, dan perikanan serta maritim,teknologi kontruksi infrastruktur gedung dan jalan, pelabuhan, bandara, perlistrikan, telekomunikasi dan teknologi informasi,teknologi pertahanan keamanan keselamatan dan SAR dan lain-lain.

Disamping itu Polandia merupakan pintu gerbang ke pasar Uni Eropa terletak di jantung benua Eropa berbatasan dengan Jerman sebelah barat dan laut baltik sebelah utara dan merupakan urutan terbesar ke enam di Uni Eropa.

Dalam hal investasi perusahaan Polandia telah sukses beroperasi di Indonesia secara khusus Polandia memiliki minat yang besar terhadap keikutsertaan pada proyek MP3I dan program poros maritim. Kata Romual dalam pemaparannya.

Dalam pertemuan itu hadir mendampingi Bupati, Ketua DPRD Anambas, Imran,
Wan Zuhendra Wakil Bupati Anambas, Sahtiar , plt Sekda Anambas, Letkol Laut (P) Ronald Rarun Danlanal Tarempa, Andi Agrial asisten II,Augus R Ungguk asisten III Setda Anambas,
kapten Kav Harioko Pabung Kodim 0318/Natuna,kapten inf Syamsuawrno , Danramil Tarempa, AKP Anjar Y Widodo , Kapolsek Siantan,Susatya kepala Bea dan Cukai Tarempa serta sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).(r/riky)






KADIN _ FORPI