Sosialisasi Pencegahan Kanker Serviks di Lanud Raden Sadjad


WARTAKEPRI.co.id, NATUNA – Dalam rangka mencegah bahaya penyakit yang dialami terhadap kaum perempuan.

PIA Ardhya Garini Cabang 17/D.I Lanud Raden Sadjad beberapa waktu lalu bertempat di gedung Cakrawala melaksanakan sosialisasi berupa ceramah kesehatan tentang bahaya kanker serviks.

Hadir saat sosialisasi Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 17/D.I Ny. Mega Nurtantio Affan dan pengurus PIA beserta seluruh anggota PIA.

Dengan pemberi materi ceramah Karumkit Lanud Raden Sadjad Mayor Kes Armansyah dan Kadukkes Lettu Kes dr. I Putu Karisma.

dr. Putu mengatakan bahwa menurut data, di Indonesia seluruh kanker yang ada pada wanita urutan yang pertama adalah kanker serviks.

Dan ini menjadi tantangan karena 34 % adalah kanker serviks.

Dan yang berobat adalah sudah mencapai stadium lanjut, kata dr. Putu.

Labih lanjut dr. Putu mengatakan bahwa sebagian wanita di Indonesia belum sepenuhnya sadar tentang kesehatan reproduksinya, katanya.

Sosialisasi membahas mengenai perjalanan penyakit kanker serviks berikut penyebabnya dan pancaran penyakitnya sampai dengan mencapai stadium empat.

Ketua PIA Ny. Mega berharap dengan kegiatan sosialisasi ini, Ibu-ibu di Lanud Raden Sadjad jadi mengetahui gejala dan penyakit yang berkaitan dengan reproduksi wanita, khususnya kanker serviks.

dapat melakukan pencegahan secara dini, baik secara primer, sekunder atau pun tersier, kata Ketua PIA. (pen-RSA/riky)







KADIN _ FORPI