Mendagri Akan Jadi Pembicara Utama International Conference STISIPOL Raja Haji

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, TANJUNGPINANG – Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Raja Haji bekerjasaa dengan Universiti Sultan Zainal Abidin (UniSZA) Malaysia akan menggelar seminar internasional atau international conference di Hotel CK Tanjungpinang pada tanggal 26 – 28 April 2017. Direncanakan dalam kegiatan tersebut Mendagri Tjahyo Kumolo menjadi pembicara utama dalam kegiatan tersebut.

Ketua Stisipol Raja Haji Endri Sanopaka mengungkapkan kegiatan International Conference On Local Governance and Social Science (ICLGSS) 2017 ini akan diselenggarakan pada tanggal 26 – 28 April 2017 di Tanjungpinang.

“ICLGSS 2017 adalah merupakan salah satu implementasi dari Memorandum of Uderstanding (MoU) yang telah ditandatangani oleh STISIPOL Raja Haji dengan Universiti Sultan Zainal Abidin (UniSZA) Terengganu pada Desember 2015 di Kuala Lumpur. Konferensi Internasional ini dilaksanakan atas kerjasama diantara STISIPOL Raja Haji dengan UniSZA serta di dukung oleh Pemerintah Kota Tanjungpinang,” kata Endri Sanopaka.

Nama konferensi dan tema yang diangkat sengaja dipilih mengenai Pemerintahan Lokal dan Ilmu Sosial, sebagai hasil diskusi diantara STISIPOL Raja Haji dengan Pemerintah Kota Tanjungpinang beberapa waktu yang lalu, yang melihat pelaksanaan Otonomi Daerah kian hari semakin berkurang kewenangan yang diberikan kepada daerah. Oleh karena itu digagaslah konferensi internasional ini untuk memperoleh pandangan-pandangan akademik dari berbagai kalangan akademisi dari berbagai kampus baik dalam maupun luar negeri.

Dalam kegiatan nanti yang akan menjadi Pembicara Utama adalah Menteri Dalam Negeri Bapak Tjahyo Kumolo, kemudian Walikota Tanjungpinang, Prof. Dr. Datuk Yahaya (mantan Rektor UniSZA), Prof. Dr. Ahmad Puad Mat Som (Dekan Fakulti Sains Sosial Gunaan). Selanjutnya para presenter dan peserta akan dibagi kedalam sesi-sesi panel sesuai dengan sub tema dari tema besar tentang Pemerintahan Lokal.
Sejalan dengan ICLGSS juga akan diadakan kegiatan mobilitas akademik dari mahasiswa/i UniSZA Terengganu berjumlah 60 orang dengan dua orang dosen pendamping. Mereka akan dating ke Tanjungpinang lebih awal yaitu pada 23-29 April.

“Selain mengikuti ICLGSS, mahasiswa UniSZA juga akan mengikuti perkuliahan di STISIPOL Raja Haji untuk memperoleh kredit transfer. Serta mereka akan melakukan kegiatan sosial di Madrasah dan Panti asuhan. Kemudian mereka juga akan saling bertukar informasi sejarah dan budaya dengan mahasiswa STISIPOL Raja Haji. Kita tidak dapat pungkiri bahwa diantara Kepulauan Riau yang dulunya adalah sebuah Kesultanan Melayu dengan Kesultanan Terengganu memiliki hubungan historis yang cukup kuat. STISIPOL Raja Haji akan menjadi bagian perekat hubungan diantara sejarah besar tersebut pada saat ini melalui hubungan akademik,” kata Endri Sanopaka.

Diakhir kegiatan akan diadakan Field Trip sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari konferensi internasional, yang diselenggarakan untuk memperkenalkan potensi wisata yang ada di Pulau Bintan.

“Presenter dan peserta akan kita bawa berwisata ke Pulau Penyengat dan kawasan wisata terpadu Lagoi. Kita berharap kegiatan ini juga akan dapat meningkatkan kunjungan wisata ke Tanjungpinang melalui kegiatan pertemuan ilmial seperti ICLGSS ini,” tutup Endri Sanopaka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG