Pemprov Kepri Targetkan 70 Kecamatan ada Program Kampung Keluarga Berencana


WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Kampung Keluarga Berencana (KB) menjadi salah satu inovasi strategis guna dapat mengimplementasikan kegiatan-kegiatan prioritas Program Kependudukan Keluarga Berencana Dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) secara utuh.

Karena Kampung KB merupakan model pelaksanaan program pembangunan keluarga secara utuh, dengan melibatkan seluruh mitra, steakholders, instansi terkait serta dilaksanakan diseluruh tingkatan pemerintahan di seluruh kabupaten/kota.

Penjelasan tersebut disampaikan Sekdaprov Kepri H.TS. Arif Fadillah saat membuka secara resmi Workshop Perencanaan Kampung KB Dengan Lintas Sektor Provinsi Kepri Tahun 2017 bertempat di Allium Hotel Batam, Selasa (14/3/2017).

Workshop sendiri mengambil tema “Dengan Pembentukan Kampung KB Kita Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Melalui Program Kependudukan Keluarga Berencana Dan Pembangunan Keluarga Serta Pembangunan Sektor Lainnya Yang Terkait Dalam Rangka Mewujudkan Keluarga Kecil Berkualitas”.

Dijelaskan Arif, Kampung KB merupakan arah kebijakan pembangunan pemerintah 2015 – 2019, dimana BKKBN menjadi salah satu kementerian/lembaga yang diberi mandat mewujudkan Agenda Pembangunan Nasional yakni meningkatkan kualitas hidup manusia.

Sejauh ini, sambung Arif yang sudah ada kampung KB baru ditingkat Kabupaten/Kota. Tahun ini kita target 70 Kecamatan se-Kepri bisa berdiri kampung KB.

” Saya yakin dengan kesungguhan semua pihak-pihaak terkait, program Kampung KB akan bisa terlaksana diseluruh Kecamatan se-Kepri, ” tegasnya.

Bila ini nanti telah berjalan, maka akan lahir sumber daya manusia di Indonesia yang berkualitas, harapnya.

Plh Kepala BKKBN Provinsi Kepri Saefudin menjelaskan, kalau pelaksanaan workshop kali ini memang merupakan program nasional untuk pengendalian program kependudukan secara nasional. Dimana BKKBN menjadi steakholder utama untuk mewujudkan program keluarga berencana serta keluarga kecil Indonesia yang sehat dan sejahtera, jelas Saefudin.

Sesuai rencana, acara akan berlangsung selama dua hari yakni Selasa sampai dengan besok Rabu 15 Maret 2017. Pada kesempatan tersebut disampaikan pula Perangko Prisma untuk Kabupaten/Kota atas capaian program keluarga berencana. Dimana Arif Fadillah menyerahkan secara langsung kepada masing-masing penerima penghargaan.(rofik/humas)







KADIN _ FORPI