Nasehat Ketua PKK Bintan Deby Apri Sujadi Soal Pola Asuh Anak yang Benar


PEMPROV KEPRI

Please follow and like us:

  • 8

WARTAKEPRI.co.id, BINTAN – Pentingnya Pola Asuh Anak didalam pertumbuhan sebuah keluarga menjadi fokus PKK Kabupaten Bintan . Untuk itulah PKK Kabupaten Bintan mengadakan Lomba Bina Keluarga Balita Tingkat Kabupaten Bintan, Rabu pagi (15/3/2017) di Gedung Community Centre Tanjung Uban Kecamatan Bintan Utara .

Lomba yang mengikutsertakan Ibu-Ibu PKK se Kecamatan Kabupaten Bintan ini, bertujuan memberikan pembekalan dipadu tekhnik kreatifitas sebelum terjun langsung ke masyarakat sekitar.

Adapun beberapa kriteria penilaian yang dilombakan antara lain kreatifitas dalam memberikan materi, kedisiplinan tepat waktu, materi yang diperlombakan, tekhnik cara berkomunikasi serta alat peraga yang dipergunakan.

Ketua PKK Kabupaten Bintan Ibu Hj Deby Apri Sujadi, A.Md yang didampingi Wakil Ketua I PKK Kabupaten Bintan Ibu Nong Adi Prihantara mengatakan bahwa diharapkan para peserta lomba setelah mengikuti kegiatan, hendaknya memperoleh informasi terkait pola asuh anak yang benar serta dapat diterapkan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.

Dirinya juga mengatakan bahwa PKK Kabupaten Bintan akan senantiasa membuat program yang akan terus membantu pemerintah dalam mensosialisasikan dan membentuk keluarga yang sejahtera.

Menurutnya juga, bahwa kegiatan ini juga dilatarbelakangi atas dasar kemajuan zaman dimana pola asuh ibu terhadap anak-anaknya terutama balita mulai berubah, seperti contohnya fenomena ibu-ibu yang cenderung menjaga anaknya sambil bermain hp .

” Kita harapkan, nantinya peserta dapat memahami kiat-kiat terkait penyuluhan kepada masyarakat terhadap pola asuh anak balita yang baik dan benar. Kita juga menerapkan dalam Lomba Bina Keluarga Balita ini, peserta hendaknya menggunakan alat peraga yang berbahan dasar limbah daur ulang,” ujarnya .

Ditambahkannya juga bahwa melalui Pola Asuh Anak yang baik juga dapat membangun ikatan bathin antara anak dan keluarga, menurutnya ada beberapa kelompok pola asuh yang secara general terbagi atas 3 yaitu pola asuh otoriter, pola asuh membolehkan dan pola asuh seimbang .

Ciri-ciri Pola Asuh Otoriter dimana orangtua cenderung lebih memaksakan kehendak orangtua kepada anaknya, anak akan terjadi penolakan atau menurut.

Lalu Pola Asuh Membolehkan, dimana ortu cenderung lebih membiarkan anak melakukan segala sesuatunya, dan hasil akhirnya anak akan lebih manja dan emosi tidak terkontrol.

Terakhir Pola Asuh Seimbang dimana orang tua akan membiarkan anak berkreasi namun tetap menerapkan aturan dalam menuntun dan melibatkan anak.

” Hasil nya anak akan lebih berkreatifitas namun mengikuti tata aturan keluarga,” ujarnya dihadapan peserta .

Sementara itu, Camat Bintan Utara Azwar saat membuka kegiatan mengatakan bahwa Kecamatan Bintan Utara merasa hal ini merupakan suatu penghargaan dimana Bintan Utara bisa menjadi Tuan Rumah, menurutnya PKK merupakan mitra kerja Pemerintah yang tentunya harus terus didukung .

” PKK merupakan mitra kerja pemerintah dengan program-program yang bersinergi, sehingga harus kita dukung untuk melaksanakan pembangunan terutama fokus dalam kesejahteraan rumah tangga,” tutupnya.

Diketahui juga bahwa Anak Balita sebagai masa emas atau ” Golden Age ” yaitu insan manusia yang berusia menurut UU No.20 Tahun 2003 berusia 0-6 tahun, meskipun sebagian pakar menyebut anak balita adalah anak dalam rentang usia 0-8 tahun.

Kelompok anak yang berada dalam proses pertumbuhan dan perkembangan yang bersifat unik, artinya memiliki pola pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan motorik kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio-emosional (sikap dan perilaku serta agama), bahasa dan komunikasi yang khusus sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan yang sedang dilalui oleh anak tersebut.(mcb/bintan)

Please follow and like us:

  • 8

DPRD BATAM
PEMKAB BINTAN
PEMKAB LINGGA
SPACE IKLAN