Berbagi Tips Merawat Kucing sesama Anggota Batam Cat Lovers

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Gathering dan bakti sosial (baksos) dilakukan komunitas Batam Cat Lovers (BCL) di lapangan Engku Putri pada Senin(24/4/2017). Dalam kegiatannya sesama pecinta kucing dan dokter saling memberi tips-tips bagaimana cara perawatan kucing.

Dokter Hewan, Fery Firdaus, mengatakan sistem perawatan kucing ada 2, perawatan internal seperti perawatan pemberian vaksinasi, obat cacing, dan perawatan tubuhnya, yang ke dua perawatan eksternal seperti memandikan kucing, kebersihan kandang, pasirnya, kebersihan kuping dan pemotongan kukunya.

” Kalau untuk kebersihan kuping dan perawatan kukunya memang agak sedikit susah, makanya kita melalui kegiatan ini melakukan sharing kepada teman-teman pecinta kucing dan yang memiliki kucing seperti pada saat ini kita melakukan sharing terhadap kegiatan yang di lakukan oleh BCL,” sebutnya.

Diterangkannya, dengan sharing yang dilakukan ini nantinya pihak komonitas BCL sendiri ataupun pecinta kucing dapat melakukan perawatan kucingnya di rumah sendiri.

Dijelaskannya, untuk perawatan kucing sendiri hampir semua jenis kucing perawatannya sama, yang membedakannya hanya pada saat perawatan pada bulunya.

Kalau untuk kucing bulu pendek mungkin bisa di mandikan di rumah pakai hair dryer selesai, tetapi untuk kucing berbulu panjang bagusnya ke salon kucing.

Karena kalau memakai hair dryer lumayan lama memandikannya bisa sampai 2 jam, itu cukup pegal-pegal juga kalau memandikan kucing selama itu.

” Untuk kucing sendiri paling tidak seminggu sekali harus di mandikan, karena ini untuk kebersihan badannya. Kalau tidak dimandikan kan bisa-bisa terkena penyakit kulit kucingnya,” ujar Fery Firdaus.(vero aditya)