Sekarang Pembayaran BPJS Ketenagakerjaan Cuma Rp 16.800, Ini Syaratnya

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – BPJS Ketenagakerjaan kini mempunyai program pembayaran bulan yang sangat murah hanya Rp 16.800 per bulan. Program layanan ini membidik siapapun masyarakat usia pekerja di Indonesia menjadi peserta dengan cara cepat dan mudah.

Andi Widya Laksana, Bagian Umum dan SDM BPJS Ketenagakerjaan Batam menjelaskan fasilitas ini diperuntukan bagi masyarakat yang mendaftar secara pribadi. Tidak perlu melihat jenis pekerjaanya, dan cocok bagi mereka yang bekerja dengan penghasilan kecil.

” Cocok untuk petugas keamanan rumah, pembantu rumah tangga, penjaga masjid, nelayan, petani, pengojek, pedagang dan pekerja kecil yang memang tidak ditanggung dalam perusahaan besar. Cukup per bulan Rp 16.800 aka dapat bantuan biaya jutaan rupiah, jika mengalami kecelakaan selama waktu bekerja,” jelas Andi Widya Laksana, Kamis (27/4/2017).

Diumpamakannya, seperti petugas keamanan atau sekuriti perumahan merupakan garda terdepan penjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan perumahan kita. Namun sayang, hingga saat ini masih banyak petugas keamanan tersebut, yang belum memiliki jaminan terhadap kecelakaan kerja.

“ Tugas mereka tentunya cukup berat, mengantisipasi hingga mengatasi tidak kejahatan, maling bahkan perampokan,” ungkap Andi Widya Laksana, Bagian Umum dan SDM BPJS Ketenagakerjaan Batam, kemarin.

Nah, jika dalam mengahdapi maling atau rampok, para petugas keamanan itu duel dan nasib tidak baik terluka, siapa yang harus bertanggungjawab atas biaya pengobatannya? “Tentulah pihak RT, atau RW setempat,” lanjut Andi.

Sementara dikatakan Andi, biaya pengobatan saat ini tidaklah murah, untuk luka jahit ringan berikut resep dokter yang harus diminum, mencapai ratusan ribu. “Itu kalau lukanya ringan, kalau parah, tentu harus diopname dan memakan biaya hingga jutaan rupiah,” sebutnya.

Mengeluarkan biaya jutaan rupiah dengan menggunakan kas RT maupun RW tentu sangat disayangkan, karena uang tersebut akan lebih bermanfaat jika dipakai untuk pembangunan fasilitas di perumahan.

Biaya bulannya sangat murah, hanya 16.800 rupiah, para pekerja akan mendapatkan jaminan kecelakaan kerja berupa tanggungan pengobatan hingga dinyatakan oleh dokter sembuh.

“ Tanpa platfon, jadi selama dokter bilang belum sembuh dan harus jalani perawatan, baik rawat inap maupun rawat jalan, maka biayanya masih ditanggung oleh BPJS Ketnagakerjaan,” sebutnya.

Ditambahkan Andi, satu orang diperbolehkan melampirkan dua pekerjaan. “Misalnya nih, malam dia sekuriti, terus siangnya ngojek, ya boleh dilampirkan keduanya, tetap dijamin kedua-duanya, bayarnya tetap 16.800 rupiah.”

Nah, Pak RT dan Pak RW, satpam di perumahan sudah ada jaminan keclakaan kerjanya belum? Kalau belum segera daftarkan ke BPJS Ketenagakerjaan. Untuk informasi bisa hubungi Ade di nomor 0852-7921-5569.(dedy)