Lepas 4.109 Tukik di Pulau Jemaja Anambas, Gubernur Kepri Pecahkan Rekor Dunia

WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – Sedikitnya 4.109 anak penyu atau tukik dilepaskan ke laut lepas oleh Gubernur Kepulauan Riau H. Nurdin Basirun dalam kegiatan puncak festival Padang Melang 2017 di Pulau Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas, Sabtu (13/5/2017).

Aksi ini mengantarkan Gubernur menerima rekor MURI, dengan predikat pelepasan tukik terbanyak. Mengalahkan rekor sebelumnya di Maluku Tengah yang melepaskan tukik sebanyak 3.200 ekor. Dan bahkan aksi Gubernur ini layak mendapatkan rekor dunia dengan melepaskan tukik terbanyak.

Target pelepasan tukik sendiri sebelumnya berjumlah 5.000 ekor untuk memecahkan rekor MURI. Namun setelah di hitung dengan teliti oleh pihak panitia, ternyata berjumlah 4.109 ekor dan itu sudah cukup untuk memecahkan rekor MURI, atau rekor sebelumnya.

Pelepasan tukik ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Provinsi Kepri terhadap pelestarian satwa langka yang terdapat di pulau Jemaja. Penyu merupakan satwa yang semakin langka dan patut dilestarikan.

Ribuan pengunjung tampak memenuhi pantai yang memiliki garis pantai terpanjang se Kepri tersebut, sepanjang 7 KM yang terdiri dari wisatawan maupun masyarakat setempat.

Usai melepas segerombolan tukik, Gubernur langsung menuju pantai, bermain kano, kemudian menceburkan diri dan ikut berenang membaur bersama masyarakat setempat. Hal ini kemudian diikuti oleh Bupati Anambas Abdul Haris, Wakil Bupati Anambas Wan Zuhendra dan seluruh peserta yang hadir di pantai. (*)

Sumber : Humas Kepri