Zarefriadi Dilantik Jadi Ketua DPD Iluni FT UNP Kepri‎ dan UNP Buka Program Doktor‎

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Ketua Ikatan Alumni FT UNP DPW Kepri Zarefriadi  dan Ketua DPD  Kota Batam Nofrizal periode 2017 -.2021 resmi dilantik oleh
Ketua Ikatan Alumni DPP FT UNP Armon Bahar resmi melantik Zarefriadi kembali menjadi Ketua Ikatan Alumni DPW Kepri periode kepengurusan 2017 – 2021, Sabtu (13/5/2017) malam di  Best Western Premium Hotel Batam. Pelantikan disaksikan langsung Rektor UNP yang diwakili Pembantu Rektor II  ‎Dr. Syahril ‎ yang juga mantan Dekat FT UNP.
Acara pelantikan yang digabungkan dengan Silahturahmi Akbar ‎dihadiri ratusan alumni dari berbagai angkatan yang berdomisili di Kota Batam, dan Provinsi Kepri Umumnya. 
 
Hadir juga perwakilan pengurus dan senior alumni dari DPW Riau, DPW Sumbar dan DPW DKI Jakarta.
 
Alumni yang hadir juga larut dalam pertemuan pertemuan kecil, yang mana sesama alumni sudah belasan tahun memang tidak berjumpa, sesuai angkatan masuk mengikuti perkuliahan.
 
Alumni lintas generasi hadir, mulai dari angkatan 1979 kala itu masih Fakultas Keguruan Teknik (FKT), angkatan Pra Reformasi 1990 hingga angkatan yang baru lulus setelah tahun 2015.
 
Secara berturut turut, juga dilakukan pelantikan Pengurus DPD Iluni FT UNP Kota Batam dengan ketua Nofrizal serta Pengurus Iluni FT UNP Cabang Singapura.
 
” Keberadaan Iluni harus dijadikan wadah silahturahmi dan menjadi kebersamaan sesama alumni di Kepri. Saling berbagi informasi, dan untuk itu yang akan paling berperan pengurus pengurus muda di Kota dan Kabupaten. Informasi bagi sesama alumni yang masih baru merantau ke Kepri,” papar Zarefriadi dalam sambutannya.
 
‎Hadir mewakili Dinas Pendidikan Kepri, Muhammad Dali dan Pemko Batam diwakili Dinas Cipta Karya Suhar. 
 
” Kini di Kepri ada lebih 50 SMK, khusus untuk SMK negeri di Batam, lima diantaranya menjabat kepala sekolah. Iluni keguruan teknik yang menjadi guru rata rata ada di setiap sekolah dan kejuruan. Dan, jumlah kalau dikumpulkan bisa juga ratus an lebih,‎” jelas Dali.
 
Potensi Alumni UNP untuk menjadi guru terbuka, karena Kepri akan membuka tiga SMK lagi, seperti di Batam, Anambas dan Tanjungpinang.
 
Sebelum ceramah Ilmiah dari pihak rektor UNP,  ‎Dekan FT UNP DR. Fahmi Rizal, M.Pd‎ menjelaskan kalau Kampus Orange FT UNP kini telah ada 18 jurusan, dengan jumlah mahasiswa mencapai 6.000 lebih.
 
Dengan bangunan dan penampilan gedung yang lebih baru, kampus FT juga telah terakreditasi A, sehingga UNP secara umum sama dengan kampus kampus besar lain di Indonesia.
 
” FT juga membuka studi Master dan Doktor, dan ini potensi bagi alumni di Kepri ingin melanjutkan pendidikan lebih tinggi lagi,” jelas Dr Fahmi‎.
 
Dipuncak kegiatan adalah mendengar ‎Ceramah Ilmiah Rektor UNP yang diwakili oleh PR II Dr Syahrial.  
 
” Sebenarnya Profesor Ganefri ingin hadir ke Batam, namun ada acara Menteri di Padang, dan ternyata tidak terburu kejar pesawat ke Batam, walau sudah di Bandara. Keinginan hadir itu karena permintaan Rektor sendiri untuk memulai acara hari ini malam hari,” jelas Syahrial.
 
Syahrial menjelaskan, UNP kini telah menjadi kampus besar dan tujuan calon mahasiswa datang dari berbagai kota kuliah. 
 
” Kampus kita di tengah kota, dan ‎kini jadi perhatian pejabat pusat. Bahkan setiap minggu ada kunjungan kerja menteri ke kampus. Terakhir datang Panglima TNI dan sejumlah menteri sebelumnya. UNP sudah menjadi kampus besar dengan jumlah mahasiswa mencapai 36 ribuan,” papar Syahrial.  
 
Acara Iluni diakhiri foto bersama dan hiburan bernyanyi serta berjoget bersama‎. (*)
Penulis : Dedy Suwadha