RS Batam Tidak Miliki Ventilator, Ahmad Assegaf Dirujuk Ke RS Propinsi

Wartakepri.co.id, Batam – Siapa bilang RS di Batam sudah memiliki fasilitas medis lengkap, itu bohong. Buktinya, anak berusia 4.5 bulan yang menderita pernapasan paru paru yang sudah 13 hari dirawat di Rumah Sakit Awal Bros Batam, harus dirujuk ke RS Propinsi Kepri di Tanjungpinang.

Nama pasien Ahmad Assegaf, dengan berat badan 4 kg, merupakan anak ke 4 dari Yuli Chandra pegawai Satpol PP Pemko Batam. Pasien yang juga peserta BPJS mandiri kelas 1 ini harus memerlukan ventilator. Dia diagnosa menderita penyakiit Bronkopneumonia, Sepsis, Myxoma Atrial.

Saat dikonfirmasi dengan Kepala Dinas Kesehatan Batam, dokter Didi Kusmayardi S.PoG pada wartakepri, Minggu(4/6/2017), soal ketidaklengkapan alat medis ventilator tersebut mengatakan, akan mengecek dulu apa memang benar tidak ada atau gimana.

“Saya akan coba dulu tanyakan nanti pada RS apakah alat itu ada atau tidak ya,”kata Didi

Dari informasi yang wartakepri dapatkan bahwa RS Batam ngak ada yang bisa menerima pasiean tersebut karena tidak punya ventilator. Untuk itu, pasien tersebut akan di pindahkan ke RS Propinsi dari RSAB. Disamping biaya sangat mahal.

Ventilasi Mekanik Ventilator adalah merupakan suatu alat bantu mekanik yang berfungsi bermanfaat dan bertujuan untuk memberikan bantuan nafas pasien, dengan cara memberikan tekanan udara positif pada paru-paru melalui jalan nafas buatan. Alat ini juga merupakan mesin bantu nafas yang digunakan untuk membantu sebagian atau seluruh proses ventilasi untuk mempertahankan oksigenasi.

Ventilator adalah peralatan elektrik dan memerlukan sumber listrik. Beberapa ventilator, menyediakan back up batere, namun batere tidak didesain untuk pemakaian jangka lama. Ventilator adalah suatu metode penunjang/bantuan hidup (life – support).

Jika ventilator berhenti bekerja maka pasien akan meninggal. Oleh sebab itu harus tersedia manual resusitasi seperti ambu bag di samping tempat tidur pasien yang memakai ventilator, karena jika ventilator berhenti bekerja dapat langsung dilakukan manual ventilasi.

Ada beberapa hal yang menjadikan tujuan dan manfaat penggunaan ventilasi mekanik ini dan juga beberapa kriteria pasien yang perlu untuk segera dipasang ventilator.

Tujuan Ventilator antara lain adalah sebagai berikut : mengurangi kerja pernapasan, meningkatkan tingkat kenyamanan pasien, pemberian MV yang akurat, mengatasi ketidakseimbangan ventilasi dan perfusi serta menjamin hantaran O2 ke jaringan adekuat.
( Nikson Simanjuntak )