Ketika Seniman Natuna Mengajar, Begini Suasananya


Please follow and like us:

  • 0

WARTAKEPRI.co.id, NATUNA  – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan, menjalankan kegiatan “Seniman Mengajar” di Kab Natuna.

Kegiatan ini merupakan program mengajar bagi para seniman dalam bidang kesenian kepada masyarakat komunitas, atau sanggar, daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T). Ungkap Susi, kasubid kesenian Dirjen Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Kami Merasa kagum sama talenta anak Natuna salud buat Dinas Pariwisata Natuna, dalam waktu singkat mampu menampilkan pentas seni Sangat rapi dan elegant penampilannya,” Tutur Susi, (4/6/2017)gedung Sri serindit.

Menurutnya, walaupun pementasan seni dari para peserta latihan tersebut tidak di laksanakan secara besar-besaran, namun hasilnya sangat mengejutkan.

“Hanya dalam waktu 20 hari dapat pengarahan dari para pelatih dari kami, teman teman natuna mampu menampilkan pentas seni budaya yang sangat mengagumkan, dan ini menandakan mereka serius mengikuti pelatihan, dan suport yang luar biasa dari dinas Pariwisata, ” Tutur Susi bangga.

Lanjut Susi, sesi latihan dan puncak dari tanggal 16 Mei hingga 5 Juni ini menghadirkan pengajar profesional lima bidang seni antaranya, seni rupa, tari, teater, drama, dan musik, yang di harapkan menjadi start awal untuk kemajuan seni dan budaya lokal yang nantinya akan menjadi identitas seni dari Natuna.

Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti mengapresiasi kegiatan bertajuk Seniman Mengajar 2017 penampilan penuh power Ful.

“Saya memberi PR kepada para guru ikut pelatihan seni ini, dari satu orang peserta agar bisa mewariskan keahlian seninya untuk minimal kepada 10 orang murid dan begitu seterusnya,” harap Ngesti.

Para guru peserta pelatihan diminta untuk terus menggali dan mengembangkan potensi seni budaya yang di miliki siswa, baik di tingkat SD, SMP, maupun SMA. Gunanya agar karya seni tersebut bisa dijadikan identitas Kabupaten Natuna.Pintan Ngesti.

Sementara Kadis Pariwisata Natuna Erson Gempa Afriandi dalam sambutanya, merespon kegiatan , bahkan dia berjanji akan membina para seniman telah mendapatkan pelatihan, agar mereka selalu bisa berkarya demi lestarinya seni budaya Natuna sehingga di kenal sampai ke mancanegara.

“Untuk memberi semangat kepada para seniman, kita akan membuat stand pameran khusus, untuk menampilkan hasil karya mereka pada saat even hari jadi kota ranai, agar bisa di pamerkan kepada turis yang hadir dengan kapal yacht,” janji Erson.

Selanjutnya, Erson juga memberikan kabar baik kepada para seniman, bahwa para seniman bisa mengajukan proposal bantuan untuk kegiatan kesenian tujukan ke kementrian pendidikan dan kebudayaan melalui Dinas Pariwisata.

“Untuk bantuan tersebut, silahkan mengajukan ke Dinas Pariwisata, ada bantuan pembinaan, alat peraga kesenian, atau apa saja yang bersangkutan dengan kesenian ajarkan,” jelas Erson.

Hal senada juga di sampaikan Hadisun, Kepala Bidang (Kabid) Kesenian Dispar Natuna tersebut meyakini pelatihan ini sangat membantu penggalian potensi seniman Natuna.

“Ini terlihat dengan cepatnya daya tangkap mereka dalam menerima pelajaran yang di berikan oleh tim pengajar,” ungkap Hadisun.

Hadisun meyakini setelah kegiatan ini, para seniman Natuna akan lebih terbuka pikirannya untuk lebih meningkatkan kreatifitas hingga bisa menghasilkan karya seni yang bisa di banggakan dan ada nilai jual di mata dunia.

Seniman Mengajar adalah program seniman yang mengajar kesenian kepada masyarakat/ komunitas/ sanggar yang berada di daerah dengan predikat 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) yang berada di Indonesia.

Program ini pada prinsipnya mendorong para seniman berbagi ilmu dan pengalamannya kepada masyarakat yang berada daerah 3T.

Dengan program ini, masyarakat di daerah 3T dapat terbuka wawasannya dan dapat menjalin kerjasama dengan para seniman, sehingga dapat meningkatkan kualitas ekspresi seni dan penguatan identitas budaya di daerah. (Rikyrinovsky)

Please follow and like us:

  • 0

PEMPROV KEPRI
PEMKAB BINTAN
DPRD BATAM
PEMKAB LINGGA



KADIN _ FORPI
Custom Search