Dishub Lingga Antisipasi Kapal Mudik Mulai H – 10 Lebaran

WARTAKEPRI.co.id LINGGA – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lingga dalam waktu dekat akan melaksanakan rapat bersama dengan pihak operator kapal untuk mengantisipasi lonjakan penumpang jelang arus mudik tahun ini.

“Dalam satu dua hari ini, kami akan segera kumpulkan pihak operator membahas kesiapan jelang mudik nanti. Dan juga kita akan segera membentuk tim persiapan. Hari Senin lah kita rapat. Karna kita baru juga selesai rakor bersama gubernur kemaren di provinsi,” kata Selamat, Kabid Laut dan Udara di Dishub Lingga kepada media ini, Jum’at (9/06/2017) sore.

Menurutnya, tahun ini lonjakan arus mudik Lebaran di Lingga diperkirakan akan terjadi pada H-10. Sementara persentase dalam peningkatan lonjakan, dirinya belum bisa memprediksi apakah mengalami peningkatan seperti tahun sebelumnya.

“Yang jelas mengantisipasi kebutuhan transportasi mudik ini, kita menggandeng seluruh operator yang aktif melayani rute pelayaran domestik ke Lingga. Nanti kita minta setiap operator menyiapkan armada tambahan,” ujarnya

Mengacu pada rekaman data arus mudik lebaran sebelumnya, Selamat mengatakan, kemungkinan besar lonjakan arus mudik tahun ini bisa meningkat bisa tidak. Namun ia memastikan akan tetap mengantasipasi hal tersebut jelang hari H dengan mendirikan Posko Mudik Tahun 2017 seperti tahun lalu.

Khusus untuk rute mudik melalui Batam, kata Selamat, pihaknya sudah cukup terbantu dengan keberadaan kapal Roll on Roll off (Roro) Jagoh-Batam dan kapal cepat yang berada di pelabuhan Sei Tenam.

“Seperti tahun lalu, roro mampu mengurai kepadatan arus penumpang ke Lingga. Tahun ini juga masih jadi andalan. Tapi untuk sementara waktu yang di Sei Tenam nanti kita minta PP, dan yang lain menyesuaikan tergantung kebutuhan penumpang,” terangnya.

Dia berharap, lonjakan arus mudik di Kabupaten Lingga tahun ini dapat teratasi dengan baik. Pihaknya juga akan menggandeng beberapa instansi lain untuk memenuhi kebutuhan fasilitas mudik lebaran nanti. (*)

Sumber:  Ravi Azhar