Riki Lim Hadir, Sidang Tiga Terdakwa Pembakar Rumah Glory Home Batam Ditunda

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Jaksa Penuntut Umum ( JPU) Rumondang Manurung SH, menghadirkan saksi Riki Lim selaku pengusaha developer PT Glory Point sekaligus pemilik perumahan Glory Home Bengkong Kota Batam.

Sidang terdakwa pelaku pembakaran rumah Golry Home di Bengkong Harapan Swadaya Kota Batam ini ditunda, karena salah satu majelis hakim yang menyidangkan perkara tersebut sedang berada di luar kota.

“Maaf, sidang hari ini ditunda karena salah satu majelis hakim sedang berada di luar kota. Maka sidang hari ini kita undur besok,” kata seorang panitera, Selasa (13/6/2017).

Sementara, dalam persidangan sudah hadir Riki Lim selaku direktur PT Glory Point di ruangan. Riki Lim akan menerangkan soal kerugian yang mereka alami serta ganasnya para terdakwa melakukan pembakaran rumah Glory Home, karena akan dlakukan eksekusi lahan seluas 40.820 meter yang ditempatin oleh orang lain.

Dimana eksekusi pertama gagal dilakukan karena warga melakukan perlawanan dengan membakar ban, memasang pagar berduri di jalan, melempari tim eksekutor dengan bom molotob.Maka eksekusi kedua baru berhasil dilakukan pada bulan Maret 2017 lalu. Inilah nantinya yang akan saya terangkan, namun sidang ditunda. Kata Riki Lim, pada wartakepri.

Tiga terdakwa diamankan berserta barang bukti saat itu, berupa ratusan bom molotov yang sudah disiapkan dalam satu rumah. Tindakan tiga terdakwa beserta warga lainnya berusaha menggagalkan tim eksekusi, hingga Kapolresta Barelang saat itu menarik mundur pasukan. Katanya, karena pertimbangan keamanan dan keselamatan orang lain.

Terdakwa Sumardianto, Sumarno dan Ismail didampingi oleh pengacara, untuk membela tindakan yang tidak terpuji ini. Atas perbuatan Ketiga terdakwa maka didakwakan pasal berlapis yaitu: pasal 187 ayat 1 tentang pembakaran, pasal 170 ayat 1 dan pasal 214 ayat 1.

Berita sebelumnya, Pengadilan Negeri Batam melakukan eksekusi lahan seluas 40.820 meter milik PT Kencana Raya Maju ( KRM) di Bengkong Harapan Swadaya, karena sudah berkekuatan hukum yang dikeluarkan oleh Mahkamah Agung ( MA).

Majelis hakim yang menyidangkan perkara ini, ketua majelis Agus Rusianto SH.MH, dengan anggota Jasael Manulang SH.MH dan Muhammad Chandra SH.
( Nikson Simanjuntak )

Berita Terkait


BINTAN
DPRD BATAM
LINGGA
KADIN _ FORPI