Rakor PAM Idul Fitri 1438 di Polda Kepri, Fokus Waspadai Pergerakan Teroris

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Rakor Lintas Sektoral dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1438 H dilaksanakan di Graha Lancang Kuning Polda Kepri, Rabu (14/6/2017) siang. Rakor ini dihadiri oleh Kapolda Kepri Irjen Pol Drs. Sam Budigusdian, MH, Gubernur Provinsi Kepri, Kabinda Kepri dan Danrem 033 WP.

Dalam sambutan Kapolda Kepri menyampaikan Kita ketahui bersama bahwa dalam menghadapi lebaran tahun ini tentunya akan terjadi peningkatan mobilitias orang dan barang serta kendaraan baik dari satu pulau ke pulau lainnya.

Disamping itu juga meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap 9 bahan pokok guna mencukupi kebutuhan masyarakat serta meningkatnya kebutuhan BBM, LPG, sarana transportasi lainnya.

Hal ini tentunya akan menjadikan tugas dan tanggung jawab kita semua bertambah guna memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

Untuk saling mendapatkan informasi satu sama lainnya terkait kesiapan pengamanan lebaran, maka kita perlu melakukan rapat koordinasi tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana kesiapan yang telah dilakukan dan untuk meyamakan presepsi dan tindakan di lapangan.

Sehingga apabila terjadi peristiwa-peristiwa menonjol baik yang disebabkan oleh faktor alam, manusia atau yang bersifat kontijensi.

Maka penanganannya akan lebih mudah dan cepat serta terintegrasi, karena polri dan instansi terkait lainnya tentu sudah menyiapkan sumber daya manusia, alat dan peralatan berdasarkan SOP dalam menghadapi hal-hal yang saya sebutkan di atas dalam rangka mendukung tugas Polri mengamankan Idul Fitri 1438 H.

Kapolda berharap rapat koordinasi ini bisa dilaksanakan dengan baik, tertib dan lancar sesuai yang kita harapkan.

Pada kesempatan ini Kapolda menginformasikan hasil-hasil evaluasi pelaksanaan Operasi Ramadniya-2016 yang lalu, dimana situasi Kamtibmas Polda Kepri dalam keadaan aman dan kondusif.

Untuk itu saya perlu mengajak kepada kita semua sekalipun nantinya situasi arus mudik menjelang Idul Fitri 1438 H di wilayah Provinsi Kepulauan Riau dinamikannya tidaklah seperti kota-kota di pulau Jawa atau kota-kota besar lainnya.

Namun saya tetap berharap kita yang hadir di tempat ini tetap meningkatkan kesiapan pengamanan secara maksimal sesuai dengan tugas pokok dan perannya masing-masing terutama dalam mengantisipasi ancaman Terorisme khususnya ancaman Terorisme ISIS yang terjadi di Marawi, Filiphina, dimana wilayah Kepulauan Riau memiliki banyak pelabuhan tidak resmi yang memungkinkan pelaku Terorisme mudah memasuki wilayah Indonesia, khsusnya Provinsi Kepulauan Riau, serta untuk mengantisipasi peristiwa-peristiwa menonjol lainnya.

Kapolda juga mengucapkan terima kasih kepada para peserta rakor atas kehadirannya dalam mendukung tugas-tugas Polri, semoga kerja sama yang baik ini akan terus ditingkatkan di waktu-waktu yang akan datang.

Semoga Allah SWT / Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuk serta perlindungan-nya kepada kita semua dalam menjalankan tugas pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara.(*)

Sumber : Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Drs. S. Erlangga