Jurnalis dan Komunitas Muda Natuna Gelar Sarasehan dan Buka Bersama

WARTAKEPRI.co.id, NATUNA – Jaringan Jurnalis Indonesia (JJI) bersama Komunitas Muda Natuna akan melaksanakan sarasehan pancasila pada Sabtu, sore sekaligus buka puasa bersama (17/6/2017) di Rumah Makan Gray.

Mengapa dasar negara itu penting? Karena negara merupakan sistem yang terdiri dari komponen-komponen politis, sosiologis, dan ekonomis, yang mana intergrasinya atas dasar kepentingan rasional yang acuannya pada nilai bersama.

Maka dari itu, harus ada kepercayaan dimana kehidupan bernegara dan berbangsa yang tentram dan damai, bisa diraih dengan menetapkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Kalau dasar negara itu tadi penting, ya makanya kenapa Pancasila itu juga penting. Penting banget malah! That’s why penetapan Hari Lahir Pancasila ini tepat banget.

Apalagi kalau diliat dari tujuannya untuk mengukuhkan semangat Pancasila dalam jati diri bangsa.

Setiap bangsa perlu punya momen-momen yang dapat dimaknai buat menumbuhkan kesadaran atas identitas dan solidaritas bangsa.

Jangan sampai kita lupa, bagaimana perjuangan para pahlawan kita, yang berkorban dan mati-matian memperjuangkan kemerdekaan bangsa. ‎Jangan sampai, ada kepentingan lain atau orang lain yang berusaha memecah belah kita.

Demikian sampaikan Ketua Panitia Sarasehan Pancasila, Rikyrinovsky dari Jaringan Jurnalis Indonesia, Kepada Wartakepri.co.id,(15/6/2017).

Tujuan Kegiatan sarasehan ini lebih dalam ,dapat menjadikan pandangan hidup bangsa Indonesia dalam mencapai tujuan nasional, yang bersumber pada Pancasila dan UUD 45.

Serta tercipta nya jaringan di masyarakat Natuna dalam upaya menjaga NKRI di wilayah perbatasan di Kabupaten Natuna.

Terbentuknya masyarakat perbatasan yang peduli terhadap kondisi perbatasan sebagai beranda terdepan NKRI.

Terjalinnya komunikasi dari semua kelompok masyarakat di perbatasan. Terpupuknya rasa nasionalisme masyarakat yang ada di wilayah perbatasan.

Tetap tegaknya NKRI berdasarkan Pancasila, UUD 45 dan Bhineka Tunggal Ika sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara.Tutur Riky.

Adapun tema usung “Pancasila Sebagai Dasar Negara Dan Pemersatu Bangsa”

Menghadirkan pembicara Kapolres Natuna ,AKBP. Charles P Sinaga SIK MH,Kaban Kesbang ,Muktar ahmad,Dandim/0318 Natuna Letkol INF Ucu Yustina,Tokoh Masyarakat Natuna,Rodhial Huda.

Peserta 100 orang terdiri dari tokoh pemuda, agama, pengiat sosial masyarakat, OKP, Mahasiswa dan Ormas.

Hal senada disampaikan Anggota DPRD Dari PDIP Natuna terkait Pancasila, Wan Sofyan mengatakan hari lahir Pancasila sebagai momentum untuk memperkokoh nilai-nilai kebangsaan.

Sebagai wakil rakyat, ujar Wan sofyan, setiap insan harus memaknai hari lahir Pancasila sebagai sebuah semangat memperbaiki negeri ini.

Segala kepentingan harus terkait dengan negara bukan untuk kepentingan kelompok maupun pribadi, karena Pancasila merupakan dasar negara.

Dirinya juga menekankan pentingnya persatuan di antara warga Masyarakat Natuna Yang majemuk terdiri berbagai suku.

” Tak boleh ada perseteruan yang berlandas kan isu SARA. Karena semua warga harus menjunjung tinggi falsafah Bhinneka Tunggal Ika,” kata Wansofyan.

Harus diingat bahwa kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman. Takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman dari Sabang sampai Merauke. Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu itulah Indonesia, itulah Bhinneka Tunggal Ika.

Saifullah, anggota DPRD dari Hanura apresiasi laksanakan sarasehan ini.

” Dengan adanya Sarasehan laksanakan Sekelompok Pemuda Natuna sangat Saya apresiasi memberikan pencerahan,” terang Saifullah.

Saifullah berharap Pancasila tidak berhenti sebagai nilai, tapi bisa menjadi tindakan nyata. Ia juga menyambut baik Perpres tentang Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila.

“ Semoga dengan momentum 1 Juni ini serta pekan pancasila rangkaian kegiatan sarasehan Pancasila bisa menghadirkan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dan bersatu mengamalkan seluruh nilai luhur Pancasila dalam perilaku sehari hari nyata,” pungkasnya. (*)

Sumber : Redaksi