Teguh : Calo Imigrasi, Rekayasa Helm Seakan Pengurusan Paspor Sukar di Batam

Wartakepri.co.id, Batam – Para calo paspor menciptakan suatu masalah di kantor Imigrasi Batam. Dengan menjejerkan helm di luar pagar imigrasi, agar konotasinya pada masyarakat bahwa mengurus paspor itu sukar dan sulit. Namun itu semua hanya akal akalan saja, karena ruang geraknya sudah dibentengi.

Hal ini diterangkan Kepala Imigrasi Kelas 1 Batam, adanya helm yang dijejerkan di luar pagar kantor adalah rekayasa para calo. Dengan maksud, bahwa di kantor Imigrasi seakan akan antri paspor sangat sukar, padahal kantor baru buka jam 7 pagi.

“Helm itu rekayasa para calo, seakan akan antri paspor itu sukar,” ungkap Teguh SH, Kamis ( 15/6/2017) dini hari.

Sejak saya menjabat sebagai Kepala Kantor Imigrasi pada bulan Nopember 2016, kebijakan awal adalah melarang para calo dan pengurus jasa keimigrasian untuk beroperasi di Kantor Imigrasi Batam.

Kemudian, kami tidak mentolelir calo dan pengurus jasa keimigrasian untuk masuk tempat pelayanan paspor. Dan tidak ada memberikan peluang kepada calo untuk beroperasi didalam halaman kantor Imigrasi Batam. Tegasnya

Untuk itu, meminta masyarakat harus datang langsung tanpa perantara jika mengurus paspir untuk dapat kami layani.
Atas rekayasa helm tersebut, sebanyak 30 helm kami sita dan diamankan karena tidak ada pemiliknya.

“Adanya photo helm dan antrian dari jam 03.00 subuh yang dikeluhkan masyarakat, itu tidak benar dalam area kantor Imigrasi Batam. Itu terjadi diluar pagar Imigrasi dan dilakukan para calo,” ujar Teguh

Sementara, adanya penyitaan 30 helm yang dilakukan oleh pihak Imigrasi, pihak Polsek Batam Kota, Kompol Arwin mengatakan belum ada laporan dari Imigrasi Batam. Selama ini, pihak Imigrasi tidak pernah melibatkan kita, namun tetap kami pantau  jika ada persoalan disana.

“Kami terus pantau situasi, jika ada laporan dari imigrasi, tetap kami proses. Namun ini tidak ada dan soal calo, itu adalah internalnya. Tapi jika ada loporan gangguan keamanan, tetap kami bergerak,” kata Kompol Arwin SH, Kapolsek Batam Kota.
( Nikson Simanjuntak )


BINTAN
DPRD BATAM
LINGGA
KADIN _ FORPI