Selasa ..Tiban Sekupang Mati Air, ATB Ganti Pipa Header di IPA Sei Harapan

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – PT Adhya Tirta Batam (ATB) kembali melakukan pekerjaan penggantian pipa Header di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sei harapan. Pekerjaan lanjutan ini, dilakukan untuk memberikan kontinuitas suplai ke pelanggan sehingga bisa tetap terjaga.

” Ini pekerjaan penggantian pipa header tahap terakhir yang harus dilakukan. Untuk di IPA Sei Harapan sendiri, dibagi dalam dua tahap pekerjaan, mengingat wilayah yang di aliri dari IPA Sei Harapan cukup luas yakni daerah Tiban dan Sekupang. Dan tahap kedua ini akan berdampak ke pelanggan di wilayah Sekupang dan sekitarnya,” jelas Muflikhin, Manager Project ATB, Minggu (18/6/2017).

Muflikhin juga menjelaskan penggantian pipa Header menjadi sangat penting agar kehandalan suplai dan pipa bisa secara Continue bekerja maksimal. Sebagaimana diketahui, Pipa Header merupakan pipa awal (jaringan pipa di area hulu) saat air sudah memasuki tahap akhir dari pengolahan.

” Pipa Header merupakan pipa utama di sebuah IPA, kondisinya perlu dijaga agar tetap handal dalam mengalirkan air ke pelanggan, apabila pipa Header mengalami kebocoran atau rusak tentunya IPA akan berhenti beroperasi (shutdown). Jadi pekerjaan ini perlu dilakukan untuk tetap memberikan kinerja pipa header yang lebih baik,” jelas Muflikhin lagi.

Adapun pekerjaan penggantian pipa Header IPA Sei Harapan akan di lakukan pada Selasa (20/6/2017) mulai pukul 21.00 wib hingga selesai. Selama pekerjaan berlangsung IPA Sei Harapan akan berhenti dan akan kembali beroperasional setelah pekerjaan selesai.

” Tim ATB tentunya berusaha menyelesaikan pekerjaan penggantian pipa Header sesuai jadwal yang di tentukan agar suplai bisa cepat kembali mengalir usai pekerjaan,” jelas Enriqo Moreno Corporate Communication Manager ATB.

Selama pekerjaan berlangsung wilayah pelanggan yang mendapat suplai dari IPA Sei Harapan khususnya jalur Telkom akan mengalami dampak gangguan suplai untuk sementara.

” Lokasi yang terdampak berada di jalur Telkom Harapan dan dampaknya tidak begitu luas seperti pekerjaan pada tahap pertama lalu. Wilayah pelanggan yang terdampak diantaranya perum Akasia, Sirion, De puri, kav Patam, Patam Lestari, Kawasan industri Sekupang, Tanjung Riau, Pondok Pratiwi 1,2,3, Kartini Raya, Mutiara view, Tiban Bukit Asri dan daerah sekitarnya,” ujar Enriqo.

Apabila sudah dilakukannya pekerjaan penggantian pipa header dan IPA sudah bisa dioperasikan kembali, normalisasi suplai air ke daerah pelanggan berjalan secara bertahap.

Semakin dekat dan rendah lokasi pelanggan dari IPA, maka semakin cepat normalisasi suplai air. Begitu juga pelanggan yang berada di daerah terujung akan lebih lama mendapat suplai air. Dengan pekerjaan ini di harapkan pelanggan bisa menampung air seperlunya sampai suplai normal kembali.

“ Dengan adanya pekerjaan ini, pelanggan yang terkena dampak tentunya kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang akan dialami. Sebelum pekerjaan, kami sarankan pelanggan bisa mempersiapkan tampungan-tampungan air seperlunya. Bagi pelanggan yang membutuhkan informasi terkait dampak dari pekerjaan tersebut, dapat menelepon ke Call Centre ATB melalui nomor 0778-467111,” tutupnya. (*)

Sumber :Corporate Communication ATB