Group Mitra Tapanuli Batam Kembali Gelar “Tano Batak” dan Tour Toba Samosir


PEMPROV KEPRI

Please follow and like us:

  • 6
WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Untuk kedua kalinya, Group Mitra Tapanuli Kota Batam menggelar Tour dan Travelling to Toba Samosir pada 7 Juli 2017 ini. Group yang beranggotakan Perantau yang berasal dari Toba Samosir akan menggelar serangkaian kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat di daerah Danau Toba.

Menurut Agus Siswanto Siagian, group ini adalah group memiliki Visi dan Misi yang positif yaitu Bagaimana suku Batak yang ada di perantauan Kota Batam bisa berperan aktif berbuat yang terbaik untuk tanah leluhur kita “Tano Batak ”

Group Mitra Tapanuli yang diisi oleh para Pengusaha, Kontraktor, Anggota DPRD Kota Batam serta tokoh masyarakat Batak di Batam.

Kegiatan Tour & Travelling to Toba Samosir ini sudah kedua kali dilakukan oleh Group Mitra Tapanuli terhitung bulan Juni 2016 dan bulan Juli 2017.

Tercatat kegiatan bulan Juni 2016 tahun lalu Group Mitra Tapanuli ini mengikuti agenda kegiatan tradisi dan pelestarian budaya dengan berpartisipasi berdirinya ‘Rumah Hela di Pangururan’ yang dihadiri oleh Hinca Panjaitan (Sekjen Partai Demokrat).

Peran lainnya Group Mitra Tapanuli juga ikut serta menanam bibit pohon di sekitar pinggiran Danau Toba yang berguna untuk pelestarian lingkungan.

Nah, untuk peran serta Group Mitra Tapanuli yang kedua tepat nya pada tanggal 07 Juli 2017 mendatang melakukan kegiatan :

Mengikuti tradisi dan budaya “Horja Blus di daerah Tomok“ dan kunjungan ke Rumah Hela Menabur ribuan benih ikan ke danau untuk kepentingan pelestarian Danau Toba (Lake Toba) sekaligus meningkatkan hasil atau pendapatan masyarakat yang tinggal di area danau Toba.

Rencananya penaburan bibit ikan Mas, ikan Pora-Pora dan ikan Nila ini di Danau Toba khususnya di area pantai Parbaba diharapkan bisa meningkatkan perkembangbiakan jenis ikan yang sudah termasuk langka.

Menurut Ketua Panitia Tour & Travelling to Toba Samosir 2017, lr Tunggul Aritonang mengatakan Pelepasan benih ikan tersebut bukan hanya untuk menjaga kelestarian Danau Toba, tetapi juga sebagai upaya menjamin keberlangsungan dan meningkatkan penghaSilan nelayan tradisional di sekitar Danau Toba.

Kehadiran perantau Group Mitra Tapanuli yang berdomisi di Kota Batam ini, merupakan tujuan penting agar orang Batak yang tersebar di Wilayah manapun, terkhusus diwilayah Kepulauan Riau (Kepri) mari bersama-sama membangun semangat untuk berbuat yang terbaik pada Tanah Leluhur “Tano Batak”

Tidak perlu muluk-muluk yang dilakukan oleh Group Mitra Tapanuli untuk berkarya pada tanah leluhur kita, dengan hal-hal kecil seperti : Menanam Pohon dan Pelepasan benih ikan di kawasan Danau Toba.

Rencana nya pada tahun-2018 mendatang melakukan perjalanan (Travelling) kembali ke Danau Toba bersama para sahabat asal Tanah Batak yang tinggal di Batam Singapura & Malaysia, tentu nya dengan misi mendukung peran pemerintahan dalam pelestarian lingkungan Danau Toba. (*)

Tulisan : Agus Siswato Siagian‎
Sekretaris Panitia Tour & Travelling Toba Samosir

Editor : Dedy SWD Sikumbang

Please follow and like us:

  • 6

DPRD BATAM
PEMKAB BINTAN
PEMKAB LINGGA
SPACE IKLAN