IndiHome Segera Masuk ke Karimun, Telkom Gelar Kabel Laut dari Batam ke Karimun


WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Tidak lama lagi, masyarakat Tanjung Balai Karimun akan menikmati layanan akses internet dengan teknologi fiber optik. Hal ini dikarenakan Telkom telah menggelar Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) dari Batam ke Tanjung Balai Karimun sejak akhir bulan lalu, tepatnya 25 Juni 2017.

“Telkom memang telah menggelar SKKL dari Batam ke Tanjung Balai Karimun sejak akhir Juni,” jelas GM Telkom Witel Riau Kepulauan, Sony Budi Winarso saat bertemu dengan beberapa wartawan di Kepri Mall, Batam (Jumat, 7/7).

Sony mengatakan, total kabel laut yang digelar Telkom sepanjang 72 Km. Dan ditargetkan selesai dalam minggu ini. Kemudian, dilanjutkan proses instalasi kabel dari laut ke darat agar siap diintegrasikan ke sistem DWDM (merupakan teknologi terbaru dalam telekomunikasi dengan media kabel serat optik). Proses ini diperkirakan selesai 12 Juli mendatang, sebut Sony.

Dikatakan lebih lanjut, dengan selesainya proses integrasi dan pengetesan jaringan fiber optik, masyarakat Tanjung Balai Karimun akan dapat menikmati layanan-layanan Telkom terbaru setara dengan layanan yang dinikmati masyarakat Batam, yaitu layanan IndiHome Triple Play atau IndiHome Dual Play Telkom.

Layanan IndiHome Triple Play terdiri dari Internet Rumah (Fixed Broadband Internet), Telepon Rumah (Fixed Phone) dan TV Interaktif (UseeTV). Sedangkan layanan IndoHome Dual Play pula terdiri dari Internet Fiber (Internet Cepat) dan Telepon Rumah (Fixed Phone) atau Internet Fiber (Internet Cepat) dan TV Interaktif (UseeTV).

“Jika instalasi jaringan pelanggan sudah full fiber optik maka pelanggan Telkom dapat menikmati kecepatan akses internet kecepatan tinggi mulai dari  10 Mbps sampai 100 Mbps,” kata Sony. Saat ini, jaringan internet di Tanjung Balai Karimun masih memakai radio microwave dengan link Bukit Pongkar-Bukit Dangas dan Tanjung Balai Karimun-Tumiang yang masih terbatas kapasitasnya, ungkapnya menambahkan.

Sony juga menuturkan, teknologi fiber optik memiliki beberapa keunggulan antara lain, jaringan fiber optik mampu mentransfer data hingga 100 Mbps, jauh lebih cepat dibandingkan jaringan kabel tembaga. Kemudian, jaringan fiber optik jauh lebih stabil dibandingkan jaringan kabel tembaga pada saat dilakukan akses internet secara bersamaan. Selain itu, imbuh Sony lagi, kabel fiber optik lebih tahan dalam kondisi cuaca apapun seperti serangan petir dan gangguan elektromagnetik dibandingkan kabel tembaga. (iss)

Editor : Dedy Swd







KADIN _ FORPI