Semoga Penerimaan Sekolah Negeri di Batam Bukan Pakai “Jalur Politik”


WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Perjuangan orang tua untuk memasukan sekolah terutama untuk masuk sekolah negeri tingkat SMP benar benar diuji tahun 2017 ini. Dengan jumlah siswa tamatan SD tidak sebanding dengan daya tampung kelas baru di SMP, membuat segala cara untuk dilakukan, agar anak mendapatkan sekolah negeri walau kadang nilai tamatan SDnya jauh dari kata kata layak diterima SD negeri.

Aturan Pemko Batam atau mungkin di sekolah negeri lain di daerah diluar Batam sama, tapi di Batam ditengah ekonomi lagi sulit, dan banyak orang tua mengganggur, pilihan memasukan anak ke sekolah negeri adalah alternatif utama.

Diduga ada yang minta tolong ke relasi politik atau mungkin anggota dewan, atau kadang bermain dengan pihak terkait di sekitar lingkungan sekolah. Mungkin, pendekatan dengan perangkat lingkungan yang terdekat dari sekolah tersebut.

Harapan orang tua untuk memasukan anak ke sekolah negeri melalui jalur online akan sangat susah, jika nilai UN anak jauh standar rangking. Kesempatan atau aturan pemerintah mengutamakan jalur lingkungan atau jalur prestasi minat bakat atau jalur miskin menjadi peluang agar anak dapat diterima.

Mungkin, itulah kondisi yang terjadi dalam dua tahun terakhir. Ketika orang tua berjuang mati matian untuk memasukan anak les agar nilai UN tinggi, dan berhasil masuk sekolah negeri, proses masuk sekolah akan lancar.

Namun, ketika orang tua menghadalkan asal lulus SD dan mendapat nilai biasa saja, dan tetap ingin mendapatkan sekolah negeri, maka inilah yang bikin repot dari pihak Dinas dan sekolah.

Terlepas dari kondisi diatas, telah ada kejadian orang tua murid demo di SMP Negeri 47 Kelurahan Tanjungriau Batam. Ini terlihat dari Postingan akun Facebook Kardo, Jumat (7/7/2017) di Group Wajah Batam. Akun ini memposting tiga foto dimana terlihat seorang orang tua menggunakan pengeras suara menyampaikan aspirasi.

Postingan sekitar 11 pagi itu, mendapat 73 komentar dan mendapat like sebanyak 730, serta telah 14 kali bagikan.

Adapun komentar dari Netizen yang memang layak dibaca diantaranya :

Lisa Puspa Syidiqq : ngeri jug liatny…wlaupun giliran ank saya msih lama masuk smp…2017 seperti ini susah masuk sekolah aplgi thun2 akn dtng..

Cholifah Jalaludin Iya lah,sekolah negri khan gratis.itu mah yg dikejar para ortu…..apalagi batam lg suuuulllliiiiittttt,darurat segalanah….paham paham paham aja

Nova Alvino : Aneh lha lhat peraturan yg di buat pemerintah sekarang…masak adk ku dh daftar di smp 21 gk di terima trus masukin lg di smp 9 udh gk bisa alasan nya karena udha daftar di smp 21 jdi gk bisa daftar lg ke smp lain.skrang peraturannya cma bisa daftar 1 sekolah.jdi terpaksa dech adk ku masuk swasta.

Siti Nur Miranty: seandainya gaada sogo2an mungkin anak yg kurang mampu bisa masuk kesklh negeri walaupun nilai kecil

Kardo: Permen tentang ppdb no 17 tahun 2017 tidak dijalankan makanya seperti ini jadinya.. Huffff sadarlah…jika pendidikan seperti ini, mau dibawa kemana bangsa ini..

Ujank Arnold: Yg mampu dan yg nilai nya tinggi sadar dong,msk kn lh ke sklh swasta atau yg bertarap internasional,kasian kami yg hidup pas pasan dan nilai yg agak rendah jadi gk di trima sklh negri.karna byk nya yg kaya daftar di sklh negri.dunia terbalik yg kya di negri,yg mskin di swasta.

Aini: makanya saya malas daftarkan anak di negri macam pengemis awak dibuatnya,mending diswasta yg jelas bayar.sebenarnya saya keuangannya pas pasan tp demi pendidikan anak mmng harus dijalani.sukses atw tidak anak kita bkn tergantung negri atw swasta sekola…Lihat Selengkapnya
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan ·

Jhon Manullang: Orang tua sekarang jauh berbeda dgn orang tua jaman dulu, kalau orang tua skrg kalau nilai anak nya tidak memenuhi syarat untuk masuk negeri tetap ngotot supaya masuk sementara orang tua kita dulu kalau nilai kita tidak bisa masuk negeri langsung mendaftar kan kita ke sekolah swasta.

Sugeng Sugiarto: Pelajaran yg baik untuk orang tua .yuk didik anak kita dirumah sejak dini ajarin anak di siplin sesuai kemampuan anak dan orang tua .lo udah begini sekolah di salahin anak kemana .main warnet pulang malam orang tua tak resah. Baik buruknya ahlak adalah orang tua.lo tak masuk banyak sekolah yg lain .emangnya sekolah cuman satu.(*)

Sumber /foto : FB Wajah Batam
Editor : Dedy Swd

Teks : Kondisi demo orang tua murid di SMP Negeri 47 Tanjungriau Batam, Jumat (7/7/2017)







KADIN _ FORPI