Imigrasi Kelas 1 Batam Soft Launching dan Sosialisasi Sistem E Clearance

DEWAN PERS WARTAKEPRI

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 28

WARTA KEPRI .co.id, BATAM – Imigrasi Kelas I Batam melakukan pres rilis sosialisasi dan Soft Launching tentang Marine Transport Monitoring System. Sistem ini tentang pengawasan lalu lintas alat angkut laut berbasis elektronik (E-Clearance), di gedung Imigrasi – Batam. Rabu, (12/07/2017)

Acara tersebut dibuka langsung dibuka Kakanwil Kemenkumham Kepri, Bambang Widodo, didampingi Kepala Imigrasi kelas 1 Kota Batam, Teguh Prayetno SH dan Kepala Bidang Pendaratan dan Izin Masuk (Kabiddarinsuk) Imigrasi Kelas I Batam serta peserta sosialisasi dari perwakilan Perusahaan /Agen Pelayaran yang ada di Batam.

Dalam penuturan Teguh menerangkan, E-Clearance merupakan suatu inovasi yang dibentuk dalam membantu kinerja petugas Imigrasi dalam pengawasan kapal – kapal, serta dapat bersinergi dan memudahkan bagi perusahaan/agen pelayaran dalam pelayanan pengurusan pendataan kapal.

Lanjut Teguh Prayetno SH, selama ini pendataan dilakukan secara manual, dimana perusahaan/agen pelayaran datang dan melapor ke patugas imigrasi. Dengan adanya aplikasi E-Clearance ini, maka semua yang dilakukan secara manual dapat dilakukan dengan cara elektronik/online.

“Dengan dibentuknya inovasi pelayanan E-Clearance ini, kapal – kapal yang masuk ke wilayah perairan Indonesia terutama wilayah perairan Batam dapat di pantau langsung dari satelit oleh petugas imigrasi, dilayar tampak mana kapal-kapal yang sudah/belum melakukan E-Clearance,” kata Teguh SH.

Antusias agen dan perusahaan pelayaran dalam acara sosialisi tersebut sangat tinggi, terdata sekitar 80 peserta hadir. Ini tahap awal, kami mengadakan sosialisasi dan regestrasi oleh perusahaan/agen pelayaran. Selanjutnya akan melakukan masa uji coba. Ungkap Parlindungan, Kepala Bidang Pendaratan dan Izin Masuk (Kabiddarinsuk) Imigrasi Batam.

“Inovasi yang di bentuk Imigrasi Kelas I Batam ini, merupakan yang pertama kali di Indonesia dan akan segera Launching dalam tahun ini” tutupnya (Andi Pratama)
Editor : Nikson Simanjuntak

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 28
DPRD BATAM
 Warta Kepri
SMART FREN
 Warta Kepri

Berita Terkait



PEMPROV KEPRI
PEMKO TANJUNGPINANG
PEMKO BATAM PEMKAB LINGGA
PEMKAB BINTAN
PEMKAB LINGGA