Ke depan, ‎43 Kawasan Perumahan di Batam Centre Tak Perlu Septic Tank


Please follow and like us:

  • 3

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Badan Pengusahaan (BP) Batam mengadakan acara Sosialisasi Proyek Pembangunan Jaringan Pipa Air Limbah di Batam, yang berlangsung di Aula Hotel PIH, Batam Centre – Batam, Selasa, (15/08/2017)

Acara Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Anggota 4 Deputi Bidang Pengusahaan Sarana lainnya, PPK Pengembangan dan Pengolahan Air dan Limbah BP Batam dan Delegasi Hansol Coorperate serta tamu undangan dari Instansi Pemerintahan dan perangkat kelurahan.

Proyek pembangunan jaringan pipa air limbah yang meliputi sebelas (11) ribu sambungan pipa yang terkoneksi dengan panjang pipa kurang lebih 114 KM, meliputi seluruh kota Batam.

Kepada wartakepri.co.id, di tempat berlangsungnya acara sosialisasi, Anggota 4/Deputi BP Batam, Robert M Sianipar mengatakan, dalam acara sosialisasi ini kita menghombau kepada masyarakat, karena limbah masyarakat (limbah domestik) itu bisa di proses lagi.

Dan dampak dari membuang limbah domestik secara sembarangan itu akan menimbulkan penyakit, diharapkan dukungan masyarakat karena Projet ini, dimaksudkan untuk mendukung Batam menjadi Kota hijau/ramah lingkungan.

” Untuk pembangunan jaringan pipa limbah di zona 1 dari 7 zona yang ada di seluruh Kota Batam, yang mana meliputi 43 perumahan di wilayah Batam Centre, dimulai pembangunannya pada akhir bulan Agustus 2017 ini,” ujarnya.

Jadi masyarakat yang terkoneksi jaringan pipa air limbah ini tidak perlu lagi mempunyai saptic tank, karena air limbah tersebut langsung mengalir masuk ke pipa Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

Ditempat yang sama selaku Ketua Panitia Acara/PPK PPK Pengembangan dan Pengelolaan Air dan Limbah BP Batam, Iyus Rusmana mengatakan, selain mengadakan acara sosialisasi seperti ini, kita juga mengadakan rapat secara intensif.

Dengan dinas-dinas terkait seperti, Bina Marga, pertamanan, dan dinas lingkungan hidup / Badan Pengendalian Lingkungan (Bapedal). Dan kita tetap selalu berkoordinasi dengan mereka.

“Terkait pemasangan jaringan pipa ke rumah warga, dalam pembangunannya akan di survey terlebih dahulu oleh kontraktor/konsultan dan tidak ada dipungut biaya (gratis) selama pemasangannya,” ungkap Iyus Rusmana

“Pembongkaran yang diakibatkan dari pemasangan jaringan pipa limbah di rumah masyarakat, baik itu pembongkaran secara open space. Kita akan tutup lagi seperti semula,” tutupnya

Manfaat yang dapat dirasakan dengan pembangunan IPAL Domestik bagi masyarakat anatara lain; melindungi dan menjaga kualitas air baku dari ancaman pencemaran rembesan limbah domestik.

Meningkatkan taraf kesehatan masyarakat dan mengurangi wabah penyakit, tercipta nya lingkungan sanitasi yang sehat, sebagai edukasi lingkungan di bidang pengelolaan limbah dengan teknologi modern.‎(*)

(Andi Pratama)

Please follow and like us:

  • 3






KADIN _ FORPI


Custom Search