Dengan Proklamasi Kita Tingkatkan Rasa Nasionalisme Generasi Bangsa di Perbatasan


PEMPROV KEPRI

Please follow and like us:

  • 0

WARTAKEPRI.co.id, NATUNA – Menggaungkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia – dari berbagai macam latar belakang suku, agama, ras, golongan dan bahasa, penting dilakukan terus menerus bagai sebuah pohon yang perlu dirawat secara berkesinambungan dari tanah Papua sampai ke pulau Natuna kita bersaudara Tumpah Darah Indonesia.

“DENGAN PROKLAMASI, KITA TINGKATKAN RASA NASIONALISME GENERASI BANGSA DI PERBATASAN” jati diri bangsa dengan menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan.

Semangat itulah mulai tertanam oleh para pemuda dan pemudi Natuna. Mereka menggelar sarasehan dialog wawasan kebangsaan, menghadirkan narasumber dari Komandan Kodim 0318 Natuna dan Komandan Pangkalan TNI -AL (Lanal) Ranai.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Badan Kesatuan dan Politik Daerah Natuna, Mukhtar ahmad dengan penggagas Jaringan Jurnalis Indonesia (JJI) Natuna dan Komuna (Komunitas Muda Natuna), di Sisibasisir Ranai, Selasa (29/08).

Ketua Panitia kegiatan Sarasehan Dialog Kebangsaan, Riky Rinovsky, mengatakan perkembangan dunia saat ini begitu pesat diiringi perkembangan teknologi informasi yang terus bergerak dengan cepat mempengaruhi pola pikir manusia bahkan gaya hidup dalam kehidupan manusia sehari-hari.

“Perkembangan ini yang juga sangat berpengaruh besar pada generasi muda. Di era globalisasi kita dapat melihat peranan pemuda Indonesia dalam membangun bangsa dinilai sangat kurang,” kata Riky dalam sambutannya.

Lanjut Riky, Hal ini disebabkan karena kurangnya perhatian para pemuda terhadap bangsa, dimana nilai akan rasa nasionalisme dikalangan generasi muda sudah mulai luntur.

Informasi yang berkembang saat ini dimana akses untuk mendapatkan informasi hampir tidak ada halangan menyebabkan generasi muda bangsa kita mudah untuk terpengaruh oleh informasi negative yang bertentangan dengan budaya bangsa.

“Kondisi seperti ini bila kita biarkan akan menggerogoti nasionalisme bangsa kita khususnya nasionalisme generasi muda Indonesia,”ucapnya.

Informasi negative yang dapat mengganggu mental dan moril generasi muda sangat mudah diakses dan sangat berdampak buruk bagi perkembangan generasi muda bangsa.

Oleh sebab itu, melihat perkembangan zaman sangat komplexs para komunitas Muda Natuna (KOMUNA) bersama Jaringan Jurnalist Indonesia (JJI) Natuna terpangil untuk melaksanakan sarasehan wawasan kebangsaan.

Kepala Badan Kebangsaan dan Politik Daerah Natuna Mukhtar Ahmad menjelaskan semangat Proklamasi adalah semangat persatuan, kesatuan yang bulat mutlak dengan tiada mengecualikan setiap golongan dan lapisan masyarakat Republik Indonesia.

Mukhtar berharap dengan kegiatan sarasehan dialog kebagsaan ini dapat menjadi bekal dalam menghadipi tantangan global dan sangat strategis untuk melakukan gerakan mengawal keutuhan NKRI.

Dalam kegiatan dialog kebangsaan tersebut bertemakan Dengan Semangat Proklamasi, Kita Tingkatkan Rasa Nasionalisme Generasi Bangsa di Perbatasan.

Mengawali dialog, Danlanal Ranai, Kolonel Laut (P) Tony Herdijanto menyampaikan bahwa dialog Kebangsaan merupakan sebuah hal yang penting dilakukan oleh negara multi etnis, budaya dan agama seperti Indonesia.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 100 peserta yang melibatkan pelajar tingkat SLTA di Kecemamatan Bunguran Timur.

Narasumber dalam Dialog tersebut diberikan oleh Kolonel Laut (P) Tony Herdijanto, Distrik Militer 0318/Natuna yang diwakili Kasdim, Oky Fikriansyah, Kepala Bankesbangpolda Natuna, Mukhtar Ahmad, Kepala Badan Perbatasan Natuna Suherman, SH.

Danlanal Ranai Kolonel Laut(P) Tony Hardijanto sangat mendukung Sarasehan yang telah dilaksanakan para anak muda Natuna Ini merupakan Bentuk nasionalisme anak daerah cinta tanah air.

“Terima kasih, semoga acara sarasehan dan semua kegiatan terkait generasi muda dapat bermanfaat dan konsisten membawa kemajuan para muda natuna,”ujar Perwira melati tiga lulusan Akabri 1996 itu.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh anggota DPRD Natuna, Hendri FN dan Wan Sopian.

Selama kegiatan berlangsung, pemuda – pemudi Natuna sangat antusias mengikuti dialog dan menyimak pemaparan dari narasumber sertai sesi tanya jawab.(*)

Rilis/Redaksi

Please follow and like us:

  • 0

DPRD BATAM
PEMKAB BINTAN
PEMKAB LINGGA
SPACE IKLAN