Lantik Kwarcab Pramuka Lingga, Gubernur Kepri Bagi 10 Unit Sepeda ke Suku Laut


PEMPROV KEPRI

Please follow and like us:

  • 0

WARTAKEPRI.co.id, LINGGA – Gubernur Kepulauan Riau H. Nurdin Basirun secara resmi melantik pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) dan pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) gerakan pramuka Lingga masa bhakti 2017-2022 bertempat di gedung nasional, Dabo, Lingga, Kamis (31/8/2017).

Gubernur Nurdin mengatakan dengan pelantikan ini salah satu tujuan dari pramuka adalah untuk membina Anak Bangsa. Melalui Pramuka diharapkan Kabupaten Lingga dapat melahirkan generasi muda yang tangguh.

“Karna dukungan seluruh elemen di Lingga sangat dibutuhkan dalam pembangunannya, salah satunya adalah peran pramuka. Melahirkan sumberdaya manusia yang handal merupakn urgensi kita saat ini,” ujar Nurdin yang juga merupkan Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Provinsi Kepri itu.

Warta Kepri Lantik Kwarcab Pramuka Lingga, Gubernur Bagi 10 Unit Sepeda ke Suku Laut

Selain itu, dengan gerakan pramuka diharapkan Nurdin dapat mengeratkan kebhinekaan, dengan pembinaan-pembinaan yang positif dari pramuka tentu generasi muda tidak akan terpengaruh dari paham-paham negatif yang dapat merusak bangsa.

“Kita tahu bahwa Negara kita adalah negara yg majemuk, karna keberagaman itu dibutuhkan generasi muda yang tangguh dan menjalin kebersamaan dan keeratan dalam naungan pancasila, untuk itu peran pramuka sangat penting dalam membangun sumber daya manusia,” sambung Nurdin.

Berdasarkan Surat Keputusan Nomor 10 Tahun 2017 tentang susunan pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Lingga, Bupati Lingga Alias Wello dilantik sebagai Ketua Mabicab bersama 5 orang Wakil Ketua, 1 orang Sekretaris dan 20 orang anggota lainnya.

Usai pelantikan dilanjutkan dengan penandatanganan naskah ikrar dan naskah pelantikan serta dilanjutkan dengan penyematan tanda jabatan Ketua Mabicab Kabupaten Lingga oleh Ketua Mabida Provinsi Kepri.

Usai pelantikan Pengurus Mabicab tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan pelantikan Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka oleh Ketua Mabicab Kabupaten Lingga.

Berdasarkan Surat Keputusan Nomor 11 Tahun 2017 tentang susunan pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Lingga, Wakil Bupati Lingga Junaidi Adjam dilantik sebagai Ketua Kwarcab bersama 5 orang Wakil Ketua, 1 orang Sekretaris, 1 orang bendahara dan 62 orang anggota lainnya.

Dalam pada itu, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kepulauan Riau TS. Arif Fadillah dalam sambutannya mengatakan bahwa gerakan pramuka merupakan program non formal yang memiliki sistem yang kokoh dalam membina generasi muda.

“Untuk itu mari terus pertahankan kemampuan yang dimiliki oleh gerakan pramuka, kepengurusan yang benar tentu hasil kerja yang dihasilkan akan baik. Untuk itu Kepada Majelis pembimbing agar terus lakukan bimbingan kepada para anggota pramuka, dan untuk kwartir cabang agar terus hasilkan inovasi dan kreasi dalam menjalankan tugasnya,” ujar Sekdaprov Kepri tersebut.

Sekda Arif melanjutkan bahwa dengan banyaknya kegiatan yang telah diselenggarakan oleh pihak pramuka diharapkan dapat membantu pembangunan di daerah yakni membangun generasi muda kedepan yang intelektual, beriman dan bertaqwa.

Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Lingga Alias Wello mengatakan bahwa pelantikan ini merupakan gerakan awal memulai gerakan pramuka di Lingga, pemilihan anggota sendiri merupakan cerminan dari musyawarah dan mufakat yang tentunya menghasilkan anggota yang diharapkan mampu terus meningkatkan eksistensi gerakan pramuka di Lingga.

“Kami berpesan kepada anggota yang dilantik untuk dapat menjaga amanah yang diberikan saat ini, agar terus memajukan gerakan pramuka dan memberikan sumbangsih nya kepada daerah,” ujar Bupati Lingga tersebut.

Alias Wello melanjutkan bahwa keberlanjutan pembangunan di Lingga akan terus berlanjut, Pemda sudah menggesa Penyusunan APBD-P dan senin akan di serahkan ke Gubernur untuk di evaluasi.

“Hal ini tak terlepas dari peran pemerintah Provinsi yang terus memberikan dukungan kepada Lingga untuk dapat terus maju,” ujar Wello.

Selain itu lanjut Wello terkait pembangunan pertanian di Lingga saat ini sudah memasuki tahap lanjutan yakni sekitar 1.300 Ha tanah akan tebah benih, dan di Desa Langkap hari ini sudah panen padi setelah beberapa bulan lalu di tanam.

Tak hanya pertanian, perternakan juga menjadi fokus Lingga dalam pembangunannya yang rencananya akan menjadikan lahan seluas 200 Ha di Kecamayan Singkep Barat dan Selatan untuk pakan hijau ternak.

Selain itu dari segi Sumber Daya Manusia, Pemkab juga sudah bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk kuliah program pokasi pertanian khusus anak daerah, dari hasil seleksi didapat sebanyak 105 orang yang berhak mendapatkan program pembelajaran tersebut.

Pelantikan sendiri ditutup dengan penyerahan sejumlah bantuan yang diserahkan langsung oleh Gubernur Nurdin, antara lain:

1. Bantuan hibah Museum Lingga (Linggam Cahaya) dari Pemprov Kepri Ke Kabupaten Lingga;

2. Bantuan Paket sembako sebanyak 150 paket dari Prety Batam

3. Bantuan 20 ekor sapi diserahkan kepada ketua perternak sapi Lingga;
4. Transportasi laut sebanyak 3 sekolah yang diterima oleh Kepsek SMA 1 Senayang, Kepsek SMA 4 Senayang dan Kepsek SMKN Senayang;

5. Bantuan Alat olahraga sebanyak 5 paket yang diserahkan kepada 5 sekolah yakni SMA 1 dan SMA 2 Singkep SMKN Singkep, SMP 1 dan SMP 2 Singkep;

6. 150 dus PMT untuk Ibu Hamil dan Balita yang membutuhkan makanan tambahan serta bantuan alat tes molekuler 1 set untuk Pemeriksaan TB Paru kepada RS Lapangan Daik dan Posyandu Kit sebanyak 3 set untuk puskesmas; dan

7. Bantuan 10 unit sepeda dari Gubernur kepada suku laut.

Sebelum acara di tutup, Gubernur Nurdin juga memberikan Sejumlah Kuis untuk anak-anak dengan tema wawasan kebhinekaan dengan hadiah 1 unit Laptop.

Adapun pertanyaan yang diberikan adalah nama tokoh pengarang lagu Indonesia Raya dijawab benar oleh seorang anak bernama Suci dan membacakan dengan benar pancasila dijawab oleh seorang anak bernama Siti Hardiyani.

Hadir pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Provinsi Kepri TS. Arif Fadillah, Anggota DPRD Provinsi Kepri Tawarich, Wakil Bupati Lingga M. Nizar, sejumlah OPD Provinsi Kepri, dan tamu undangan lainnya. (Aldo/Humas)

Editor: Dedy SWD

Please follow and like us:

  • 0

DPRD BATAM
PEMKAB BINTAN
PEMKAB LINGGA
SPACE IKLAN