Antusias Pelajar Hadiri Pustaka Keliling Bhabinkamtibmas Polsek Bunguran Timur‎


PEMPROV KEPRI

Please follow and like us:

  • 0

WARTAKEPRI.co.id, NATUNA – Terpanggil untuk budaya kan minat baca Polsek Bunguran Timur melalui Bhabinkamtibmas bersama Dinas Perpustakaan dan arsip daerah terus melaksanakan Puskel (Perpustakaan Keliling).

” Masih kita jumpai anak sekolah belum bisa membaca ,ada murid kelas IV SD di SDN belum bisa baca,ini sangat memprihatinkan kami tergerak terjun langsung dan mencoba memulainya,” ucap Briptu Mudiyanyo.Bhabinkamtibmas kelurahan. Ranai, Kamis, (31/8/2017) pada wartawan Usai sosialisasi di sekolah SDN 011 Puak, Bunguran Timur.

Hal ini dilakukan guna mendekatkan institusi kepolisian kepada masyarakat, terutama agar kepolisian sebagai institusi tidak dipandang sebagai sesuatu yang menakutkan bagi masyarakat.

Dikatakannya, puluhan anak ‎sekolah SDN 011 Puak cukup antusias mengikuti proses pendidikan dilakukan oleh sejumlah anggota Polsek Kerjasama dengan perpustakaan keliling.

“Kegiatan ini se jalankan dengan jadwal perpustakaan keliling dari dinas perpustakaan dan arsip daerah di sekolah sekolah,” kata Mudyanto.

Polisi tampak mengenakan seragam lengkap berinteraksi dengan puluhan anak, dan memberikan pembinaan kepada anak-anak untuk membaca buku yang telah disediakan.

Menurut Mudiyanto, kegiatan ini cukup membuat institusi kepolisian merasa dekat dengan masyarakat.

” Kita coba mendongeng bercerita kepada siswa dan di lanjutkan tanya jawab. Giat polisi sahabat anak ini akan menjadi agenda rutin Bhabinkamtibmas tujuannya agar anak gemar membaca dan lebih dekat dengan polisi,” kata Mudiyanto.

Selain bekerja sama dengan dinas perpustakaan dan arsip daerah kabupaten Natuna Polsek akan materi pembinaan karakter tiap sekolah sekolah.

” kita kerja sama sama dengan dinas pendidikan kepemudaan dan arsip daerah bidang pendidikan mengajar di sekolah setingkat SLTP dengan materi pembinaan karakter dan alhamdulillah dari pihak sekolah memberi jam pelajaran dan bekerja sama dengan guru BK,” ujar Mudyanto.

Biasanya pendidikan dilakukan oleh guru, namun kali ini pihak kepolisian juga dapat berkesempatan interaksi dengan anak-anak untuk berdekatan melalui proses pendidikan.

Para orang tua anak juga mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh kepolsek tersebut. Dengan menggunakan mobil dinas,menjadi satu terobosan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Sementara, Sinta (38), salah satu orang tua yang mendampingi anaknya mengaku senang anaknya bisa dekat dan belajar membaca dengan beberapa anggota Kepolisian.

“Sangat senang dan berkesan, anak kami bisa belajar membaca dan berkomunikasi dengan anggota-anggota kepolisian Polsek yang datang membawa buku bacaan anak,” ungkap Sinta asal Bunguran timur.

Mutaqien, Pengagas Rumah Baca Pena Senja Bisa temui jalan Pramuka Ranai Kota mengatakan, Budaya membaca wajib dimulai sedini mungkin di lingkungan keluarga karena akan lebih mudah menanamkan kebiasaan atau sesuatu yang baik dari sejak kecil agar menjadi suatu kebiasaan.

Peningkatan kualitas sumber daya manusia terkait dengan minat baca yang membudaya karena usaha tersebut berhubungan langsung dengan proses belajar mengajar.

Lanjut dia,Dalam era pembangunan serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, peran perpustakaan dan pusat informasi makin dirasakan kegunaannya oleh masyarakat sebagai sumber informasi pembangunan maupun sarana belajar dan mengajar untuk meningkatkan kecerdasan serta ketrampilan.

Mutaqien berharap Kedepan tiap desa ada taman baca sehingga pengetahuan masyarakat bisa diperoleh dengan membaca buku, perlu dibudayakan gemar membaca buku seiring dengan arus globalisasi yang sangat rentan terhadap perkembangan anak merambahnya Edget diakui interaksi anak sekarang udah sibuk dengan permainan mereka pakai HP.

“Dengan tersedia taman bacaan di tiap desa tentu akan kuat menambah kasanah masyarakat”Pintanya.

Jangan bangga jadi pemuda ..
Kalau belum bisa berkarya..
Jangan cukup bisa berkarya..
Kalau belum di kenal dunia..

Berbuat untuk negeri,karena berbagi kita berarti,” tutup Mutaqien.(*)

Tulisan :Rikyrinov

Please follow and like us:

  • 0

DPRD BATAM
PEMKAB BINTAN
PEMKAB LINGGA
SPACE IKLAN