Dua Remaja Dipukuli Hingga Tewas, Enam Terdakwa di Vonis 12 Tahun Penjara


PEMPROV KEPRI

Please follow and like us:

  • 0

Wartakepri.co.id, Batam – Majelis hakim membacakan putusan terdakwa Rustam Effendi Ginting dan kawan kawan, pelaku penggeroyokan hingga mengakibatkan dua remaja bernama Redemtus Firdaus (17) dan Rikardo Alen Sitompul, (17) meninggal dunia.

Dalam bacaan putusan hakim menyatakan bahwa terdakwa Rustam Effendi Ginting Cs, terbukti bersalah karena telah menghilangkan dua nyawa remaja. Terdakwa Rustam Effendi mengambil kayu dari samping pos sucurity dan memukul kedua korban. Sementara terdakwa lain melakukan pemukulan dengan tangan dan kaki pada wajah dan perut kedua korban. Kata hakim Jasael Manulang SH.

Dugaan pencurian yang dituduhkan pada kedua korban, namun hal itu belum terjadi. Namun para terdakwa sudah melakukan tindak kekerasan, hingga kedua remaja tersebut meninggal dunia. Seharusnya, terdakwa tidak diperbolehkan untuk melakukan main hakim sendiri.

Hal yang memberatkan para terdakwa, perbuatannya meresahkan masyarakat, main hakim sendiri dan mengakibatkan orang lain meninggal dunia. Dan yang meringgankan terdakwa berlaku sopan dan menyesali perbuatannya.

Terdakwa Rustam Effendi Ginting dikenakan dua perkara tentang pasal
80 ayat 3 UU RI nomor 35 tahun 2014 tentang perubahan atas UU nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak, dengan pidana hukuman 6 tahun penjara. Kemudian dalam perkara 362 hakim mevonis hukum 6 tahun penjara, denda 200 juta subsider 3 bulan kurungan. Ujar Jasael Manulang SH, Selasa ( 5/9/2017) di PN Batam.

Total hukuman yang harus dijalani masing masing terdakwa adalah 12 tahun penjara. Putusan majelis hakim ini jauh lebih ringan dari tuntutan JPU yaitu: 20 tahun penjara dari dua pidana yang dikenakan pada keenam terdakwa. Dimana sebelumnya, Jaksa menuntut 10 tahun penjara dalam satu pasal.

Atas putusan yang sudah dijatuhakan majelis hakim ini kepada keeanam terdakwa, Jaksa Penuntut Umum , Rumondang Manurung SH hanya mengatakan pikir pikir. Dalam hal yang sama juga diungkapkan oleh penasehat hukum terdakwa Rustam Effendi Ginting.

 

( Nikson Simanjuntak )

 

Please follow and like us:

  • 0

DPRD BATAM
PEMKAB BINTAN
PEMKAB LINGGA
SPACE IKLAN