Hindari Calo, Kepala Imigrasi Batam Buat Aplikasi Berbasis WhatsApp


PEMPROV KEPRI

Please follow and like us:

  • 0

Wartakepri.co.id, Batam – Berbagai cara dilakukan oleh kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam, untuk meningkatkan layanan dan mengurangi antrian serta nenghindari para calo. Dengan meluncurkan kembali aplikasi berbasis WhatsApp (LAW).

Aplikasi ini untuk merespon keluhan masyarakat Batam dalam masalah antrian paspor, yang sering dimanfaatkan pihak-pihak tak bertanggung jawab atau para calo. Dengan aplikasi ini dapat menguragi persoalan yang terjadi di kantor Imigrasi Batam.

Kepala Kantor Imigrasi Klas I Khusus Batam, Lucky Agung Binarto, mengatakan, LAW merupakan layanan antrian berbasis aplikasi pertama di Indonesia, sejak diluncurkan pada 19 Juni 2017 lalu.

“Daftar antri sekarang tak ada lagi sistem konvensional, tapi sudah melalui aplikasi,” kata Lucky, Selasa (5/9) di kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam.

Dengan memperhitung jumlah konter yang tersedia di Kantor Imigrasi, petugas dan estimasi waktu wawancara per orang sehingga tidak dapat menampung semua pendaftar yang masuk. Mulai senin tanggal 11 September 2017, Kantor Imigrasi Klas I khusus Batam akan melayani pendaftaran hingga tiga hari kedepan.

“Sebelumnya hanya melayani 250 perhari, kemudian mereka harus daftar lagi esok harinya. Mulai tanggal 11, kalau masyarakat daftar di nomor 251 atau di atas nomor itu, ke esokan harinya tidak perlu daftar lagi. Kita akan akumulasikan menjadi 750 orang per tiga hari. Kemudian tiga hari selanjutnya baru daftar untuk nomor antrian baru, dan seterusnya akan seperti itu,” kata Lucky

Menurut Lucky, WhatsApp ini akan memecahkan persoalan antrian yang sering dikeluhkan masyarakat. Apalagi dengan sistem tersebut, masyarakat tak perlu lagi datang dini hari, hingga memanfaatkan jasa calo antri.

“Dengan aplikasi ini pun masyarakat tak perlu beli nomor antrian dan tidak gunakan Jasa Calo,” kata Lucky

Sementara, Kepala Bidang Komunikasi dan Sarana Informasi Keimigrasian (Lalintuskim), Freddy M Pasya mengatakan:bahwa layanan ini berlaku bagi semua pemohon paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam. Cara kerjanya, pemohon mengirimkan pesan lewat WhatsApp ke nomor 0822-8886-2017 dengan format NAMA#TANGGAL LAHIR#ALAMAT# ditambah foto KTP-el atau akte kelahiran, dan akan dilayani mulai pukul 07.30 sampai pukul 10.00 wib.

“Layanan ini tak berlaku untuk mengurus paspor hilang, rusak maupun pergantian data,” kata Freddy

Setelah permohonan selesai maka admin akan mengirimkan balasan nomor antrian, waktu, serta dokumen apa saja yang harus dibawa oleh pemohon. Setalah itu pemohon ke kantor Imigrasi 30 menit sebelum waktu pelayanan, serta memperlihatkan pesan jawaban ke petugas keamanan, lalu menuju loket pra permohonan untuk dicek kelengkapan dokumen pemohon.

“Setelah itu pemohon diberikan formulir dan menunggu proses wawancara. Sangat mudah dan cepat,” tuturnya.

( Nikson Simanjuntak )

Please follow and like us:

  • 0

DPRD BATAM
PEMKAB BINTAN
PEMKAB LINGGA
SPACE IKLAN