Pesona Serasan Natuna Masuk Nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2017


WARTAKEPRI.co.id, NATUNA – Edi priyoto sosok camat Serasan Putra kelahiran Serasan, anggota dari Tim percepatan Pengembangan wisata Kab Natuna (TP3N) bawah naungan Bupati Natuna H.A.Hamid Rizal. “Bakti untuk negeri menjaga wilayah perbatasan pulau terdepan ujung timur kabupaten Natuna sebelah Utara dari Malaysia.”

Jurnalist dari Wartakepri.co.id berkesempatan meliput keindahan panorama alam kecamatan serasan, ditemani Camat Serasan berapa orang staf dan tokoh pemuda tempatan melakukan pelesiran Kecamatan serasan hingga ke pantai sisi. Kini masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017. API adalah penghargaan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata Indonesia.

Pantai sisi berlokasi Kecamatan serasan, Kabupaten Natuna Provinsi Kepri, kini menjadi objek wisata andalan.
Jarak tempuh dari ibukota Kabupaten (Pulau Natuna Besar) selama 12 jam dengan kapal Pelni.

Terletak di jalur pelayaran internasional (ALKI I). Serasa dibagi menjadi 2 Kecamatan yaitu Kecamatn Serasan dan Serasan Timur.

“Saat ini objek pariwisata yang menjadi andalan daerah kami yakni Pantai sisi serasan, ini bisa dilihat dari panorama
Dan garis pantainya panjang 8 kilo meter membentang luas dengan butiran pasir halus,” kata Edi Priyoto,Camat Serasan,Kabupaten Natuna, Senin.(4/9/2017).

” kunjungan wisatawan belum ada peningkatan namun kedepan optimis pantai sisi akan semakin dikenal seiring dengan mulai dibangunya jaringan telekomunikasi 3G dan penambahan 4G orang yang tahun keberadaan pantai tersebut,” katanya.

Dia menuturkan, selain merupakan pantai yang baru dikenal wisatawan daerah tersebut juga menurut Edi masih alami.

“Kawasan sekitar Pantai sisi ini terjaga kealamiannya, sehingga banyak pengunjung merasa nyaman,” jelasnya.

Di pantai Anda dapat menyaksikan penangkaran penyu yang berfungsi sebagai penyeimbang ekosistem penyu yang ada di daerah ini agar terhindar dari kepunahan.

Pantai ini dapat digunakan untuk berenang ketika kondisi laut sedang surut, sedangkan di taman lautnya Anda dapat menemukan berbagai macam ikan hias dalam aneka warna dan suaka satwa.

Warga selalu bergotong royong untuk membersihkan sampah sampah terbawa arus gelombang sampai ke bibir pantai dan menjaga keasrian pantai sehingga salah satu tujuannya agar penyu betah di pantai bertelur.

Pada bulan tertentu kita dapat melihat proses penyu penetasan telur telurnya.
Biasanya pada bulan terang di bulan Maret hingga Juni,sekelompok penyu mulai naik ke bibir pantai mengali lubang menetaskan telur penyu”kata Edi.

Eksotika alam dan keramahan masyarakat Pulau Serasan menjadi daya tarik tersendiri.Selain pantai nan indah juga terlihat aktifitas ibu rumah tangga melaksanakan kerajinan tikar pandan. Kerajinan tikar sudah menjadi turun temurun penduduk setempat yang mampu menghasilkan karya seni rupa nan indah menawan.

Tampilan tikar yang berwarna-warni dengan dominan warna merah, hijau, ungu, kuning, bahkan hitam, menjadikan daya tarik tersendiri.
Pantai Sisi juga dijadikan sebagai tempat para nelayan untuk beristirahat. Garis pantainya panjang, membentang luas dengan butiran pasir halus, perairan di sekitarnya sangat bening,  dengan hamparan aneka rupa terumbu karang yang sangat natural.

Pantai Sisi pantai landai dengan hamparan pasir kuning mempunyai taman laut yang mengesankan serta merupakan tempat habitat penyu (celonyamidas) dalam penetasan telur-telurnya.

Pantai sisi berlokasi Kecamatan serasan, Kabupaten Natuna Provinsi Kepri, kini menjadi objek wisata andalan

“Mayoritas suku di Serasan adalah Melayu, selebihnya adalah pendatang seperti Jawa, Bugis, dan Tionghoa. Penduduk Serasan 99% beragama Islam. Warga Serasan berprofesi sebagai PNS, nelayan, dan wiraswasta,sambung Edi.

Sementara itu David salah satu pengunjung mengakui, selain kondisi pantai yang bersih akses ke objek wisata tersebut sangat mudah dijangkau. “Bersantai di pantai ini memang terasa kenyamanannya, apalagi akses pelabuhan sudah sangat bagus,” ujarnya.

Ia pun berharap agar objek wisata tersebut dapat dikelolah secara baik, agar menarik lebih banyak wisatawan lokal maupun asing.

Pantai sisi berlokasi Kecamatan serasan, Kabupaten Natuna Provinsi Kepri, kini menjadi objek wisata andalan

Tidak jauh dari pantai Sisi juga terdapat bukit Serasan tumbuhi pepohonan nan hijau dan di hadapanya terdapat laut biru yang dimeriahkan oleh kapal dan pompong para nelayan yang hilir mudik dari kalimantan dan Kucing Malaysia Timur.

Selain Pantai Sisi, masih ada beberapa objek wisata di sekitar kawasan Serasan. Diantaranya ,Pantai Pasir, Pantai Sepandok, Pantai Teluk Siti Dewi, Pantai Teluk Aur, Pantai Resam, Pantai Tarum, Pantai Jodoh, Pantai Sempadi, Pantai Bungim.

Bagi pecinta Sunset, pantai Sisi Serasan sudah tentu menjadi daya tarik tersendiri setelah matahari perlahan-lahan terbenam, maka lampu-lampu dari tengah lautan mulai terlihat berkemilau, baik lampu kapal maupun lampu-lampu mercusuar jalur pelayaran internasional (ALKI I).(*)

Rikyrinovsky







KADIN _ FORPI