Salut Anak Buahnya Libas Kegiatan Ilegal, Sri Mulyani Berikan Piagam Penghargaan


WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (Kanwil DJBC) Khusus Kepulauan Riau, menggelar apel luar biasa yang dipimpin langsung oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia. Jum’at, (08/09/2017)

Dalam rangka penyerahan piagam penghargaan Kementerian Keuangan Republik Indonesia serta ucapan terima kasih atas dedikasi dan loyalitas dalam melaksanakan tugas, di dermaga 3 PSO Bea dan Cukai, Tanjung Balai Karimun – Kepulauan Riau.

Kepada Pejabat dan Pegawai Kanwil DJBC Khusus Kepulauan Riau dalam Apel Luar Biasa, Menteri keuangan RI, Sri Mulyani menyampaikan, Bea dan Cukai diharapkan selalu dapat menjaga kepercayaan publik yang mana telah diamanatkan.

“Sehingga institusi ini DJBC semakin kredibel, akuntabel, dan dibanggakan masyarakat”. Harapnya

Pemberantasan barang ilegal, penerimaan negara yang optimal, pengawasan lalu lintas barang dan manusia secara efektif, pelayanan prima dan pemberian fasilitas yang tepat sasaran.

“Harus menjadi tolak ukur kinerja yang tertanam diseluruh jajaran insan Bea dan Cukai”. Tegasnya

Seperti diketahui bahwa di perairan selat malaka merupakan jalur lalu lintas perdagangan yang sangat strategis dan dengan volume arus perdagangan barang yang sangat tinggi.

Dan Kerap dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan praktek penyeludupan barang untuk menghindari kewajiban perpajakan maupun penyeludupan barang terlarang yang mengancam kehidupan masyarakat.

Lanjut Menteri Keuangan RI, tugas dan fungsi kantor-kantor Bea Cukai di perairan selat malaka adalah sangat penting sama pentingnya dengan kantor-kantor Bea Cukai di pelabuhan utama.

“dengan demikian saya meminta kepada seluruh jajaran pengawas laut untuk meningkatkan kewaspadaan, didalam rangka mengantisipasi penertiban di pelabuhan utama yang akan berimbas pada kegiatan ilegal diberbagai pelabuhan lainnya”.

“Fungsi dan pengawasan Bea Cukai diperairan selat malaka tentu tidak dapat berjalan optimal dengan sendirinya, ini harus dan perlu dilakukan dengan kerja sama dan sinergi yang tinggi dengan instansi lainnya”. Pungkasnya

Selanjutnya Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani menyerahkan secara langsung Piagam Penghargaan kepada enam (6) orang Pegawai Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Khusus Kepulauan Riau.

(Andi Pratama)







KADIN _ FORPI