Gubernur Buka Festival Kuliner Daerah dan Seni Budaya Sempena HUT Kepri ke 15


Please follow and like us:

  • 3

WARTAKEPRI.co.id, TANJUNGPINANG – Gubernur Kepulauan Riau H. Nurdin Basirun menghadiri dan membuka acara Festival Kuliner Daerah dan Seni Budaya sempena peringatan hari ulang tahun Provinsi Kepri ke-15 bertempat di Sekretariat Asosiasi Kelompok UPPKS (AKU) di Jl. Cendrawasih Km.8, Tanjungpinang, Jum’at (15/9).

Gubernur mengaku senang dengan diadakannya festival kuliner ini, dengan iven seperti inilah yang dapat langsung bersentuhan dengan masyarakat.

“Dengan ini masyarakat dapat ikut andil, menyalurkan kreasi dan inovasi yang dimiliki dalam mengolah makanan-makanan khas Kepri,” ujar Nurdin.

Nurdin melanjutkan bahwa peran perempuan sangat vital dalam keluarga dan masyarakat, Bukan hanya menngurus suami dan anak pada keluarga tapi juga penting untuk masyarakat.

“Pemerintah saat ini terus berupaya dalam mendorong perekonomian masyarakat, untuk itu peran perempuan juga dibutukan dalam hal ini,” lanjut Nurdin.

Dengan diadakannya iven seperti ini kata Nurdin dapat membantu mendorong potensi yang ada di Kepulauan Riau yang dikenal tak hanya memiliki wilayah yang strategis, tapi juga kultur budaya yang kental serta ciri khas masyarakatnya.

“Jika iven-iven ini dapat terus eksis bukan tidak mungkin dapat dibuat objek wisata kuliner di Kepri, perlu juga menjamin kebersihan dan kehigienisan makanannya, untuk itu teruslah berkarya,” pesan Nurdin.

Diakhir sambutannya, Gubernur Nurdin memberikan hadiah sebesar 1 Juta untuk tamu undangan yang dapat menjawab kuis dengan pertanyaan menyebutkan 10 macam kue khas Kepri, tidak semudah itu, Nurdin ingin masing-masing kue tersebut dijelaskan bagaimana cara dan dengan apa saja pengolahannya.

Dalam pada itu Ketua Asosiasi Kelompok UPPKS (AKU) Anis Andrita mengatakan bahwa maksud tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah salah satunya untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi perempuan.

“Inspirasi ini datang dari Ibu Gubernur Noorlizah Nurdin yang ingin agar peran perempuan di Kepri harus eksis menunjukan hasil kerjanya, bukan hanya datang menghadiri sebuah acara namun juga ikut membantu menggerakkan roda ekonomi masyarakat,” ujar Anis.

Sebanyak 40 ragam masakan dan 76 jenis kue di sajikan dalam festival ini yang berasal dari 7 Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepri dan gratis untuk masyarkaat yang hadir. Anis melanjutkan bahwa iven seperti ini merupakan jembatan masyarakat untuk menunjukan bahwa perempuan juga memiliki kemampuan untuk ikut andil dalam pembangunan di Kepri.

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepri Husnizar Hood, Kaban Kesbangpol Syafri Salisman, Kadis Perdagangan Burhanuddin, Kadis Pemberdayaan Perempuan Misni, Anggota DPRD Kota Tanjungpinang Peppy Chandra, Kepala Dinas Pemberdayaan Kota Tanjungpinang Ahmad Yani, berserta Tamu undangan lainnya.(aldo)

Editor WartaKepri

Please follow and like us:

  • 3






KADIN _ FORPI


Custom Search