Telah Menjadi Iven Nasional, Sekda Pimpin Rapat Persiapan Festival Bahari Kepri 2017


WARTAKEPRI.co.id, TANJUNGPINANG – Sekretaris Daerah Provinsi Kepri H. TS. Arif Fadillah memimpin Rapat Persiapan Festival Bahari Kepri Tahun 2017 bertempat di Rupatama Lt.4 Kantor Gubernur, Dompak, Istana Kota Piring, Tanjungpinang, Jum’at (22/9/2017).

Pada Rapat awal penetapan panitia penyelenggara ini Sekda meminta Kesiapan dari panitia yang telah ditunjuk dalam SK Gubernur untuk dapat melaksanakan tugas dan fungsinya masing-masing dengan mengutamakan koordinasi dan kebersamaan.

“Kita diskusikan disini mana yang kurang yang harus dimasukan didalam SK Gubernur, Untuk itu kita perlu dukungan dan kerjasama semua pihak instansi yang terkait dalam mensukseskan iven ini, apalagi iven ini bertaraf Internasional, pengalaman kita di tahun sebelumnya menjadi acuan untuk sukses dan lebih baik penyelenggaraannya tahun ini,” ujar Arif.

Arif ingin Kepulauan Riau dapat menonjolkan potensi wisatanya maka pada iven Festival Bahari Kepri Tahun 2017 inilah dirasa cocok menjadi bagian dari pelecut dalam meningkatkan potensi wisatanya.

“Ini merupakan program nasional dan daerah dituntut untuk mensinergirkannya, tujuannya adalah untuk menyerap sebanyak mungkin wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri, Tahun lalu kita bagus sudah mendapatkan penghargaan Muri,” lanjut Sekda.

Festival Bahari Kepri Tahun 2017 sendiri merupakan bagian dari rangkaian iven Nasional yang mana Kepulauan Riau sudah ditetapkan menjadi bagian dari jalur Sail Sabang 2017.

Iven sendiri direncanakan berlangsung pada 13-22 Oktober mendatang dengan menghadirkan berbagai macam acara seperti Eco Heroes, Tanjungpinang Dragon Boat Race, Pentas Seni, Bazar Buku dan makanan, Bazar PKK, Pameran Foto, Atraksi Seni, Pawai Budaya dan Parade Mobil Hias.

Kegiatan selanjutnya adalah Kepri Expo, Festival Sungai carang, Kepri Carnival, Cullinary Fiesta, Traditional games dan Eksibisi Sepeda (70 pesepeda asal Singapura akan mengelilingi rute Tanjungpinang-Pulau Dompak-Kijang). Kemudian iven Nasional yakni Sail Sabang juga Sail to Bintan.

Untuk itu Kepala Dinas Pariwisata Buralimar meminta kepada seluruh panitia yang tergabung baik dari Pemerintah Provinsi, Kota Tanjungpinang, Kabupaten Bintan, FKPD dan Instansi Vertikal lainnya agar dapat merapatkan barisan agar penyelenggaraan iven ini dapat berjalan lancar seperti tahun lalu.

“Dengan visi untuk mewujudkan Kepri sebagai Gerbang wisata bahari maka iven ini harus kita pertahankan menjadi ikon tahunan daerah, Karna kita akan kedatangan Menteri Pariwisata RI dan akan di usahakan Wakil Presiden atau Menko untuk dapat hadir juga, maka untuk kesempurnaan rangkaian perencanaan acara jika ada saran dan masukan silahkan disampaikan karna itu akan kita tampung dan dijadikan bahan pertimbangan,” ujar Buralimar.

Kadis Pariwisata Bintan Luki Zaiman dalam laporannya terakit Iven Festival Wisata Bahari Kepri 2017, Bintan yang ikut memasukan iven nya yakni Sail To Bintan menyatakan kesiapannya, dalam Sail To Bintan kata Luki beberapa Kegiatan sudah di susun selama iven tersebut berlangsung pada 19-22 Oktober mendatang seperti traditional performance, Release baby sea turtles, Mangrove tour, City tour, White sand island tour, Swimming dan canoeing serta Traditional jong race.

Perwakilan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tanjungpinang yang hadir pada rapat persiapan ini mengatakan kesiapan nya juga dalam mendukung suksesnya festival bahari Kepri ini, dengan Dragon Boat Race (DBR) nya Tanjungpinang ingin iven ini bukan hanya menjadi ajang tahunan namun juga bisa menyerap sebanyak mungkin wisatawan serta mengenalkan budaya di Kepulauan Riau.

DBR sendiri akan diselenggarakan pada 20-22 Oktober mendatang direcanakan akan mengundang sebanyak 61 peserta baik dari dalam daerah, Nasional juga Internasional dengan total hadiah sebesar 148 Juta akan di lombakan 2 kategori yakni lomba perahu naga dan lomba kayak kano.(Aldo)

Editor: WartaKepri







KADIN _ FORPI


Custom Search