HUT 15 Kepri, Inilah Sejumlah Capaian dan Pelayanan untuk Masyarakat Kepri


WARTAKEPRI.co.id, TANJUNGPINANG – H Nurdin Basirun menyampaikan tanpa kebersamaan, kekompakan dan silaturahmi mustahil keinginan masyarakat untuk mengisi kehadiran provinsi ini bisa terwujud. Masyarakat ingin provinsi ini semakin baik dan semakin maju setiap waktunya.

” Saatnya kita bahu membahu membuat provinsi tercinta ini semakin maju,” kata Nurdin Basirun saat memimpin Upacara Peringatan Hari Jadi Provinsi Kepulauan Riau di Halaman Kantor Gubernur, Istana Kota Piring, Dompak, Tanjunpinang, Senin (25/9/2017) pagi.

Nurdin mengajak masyarakat Kepri untuk bersyukur dengan kehadiran provinsi ini yang memasuki usia kelimabelas tahun. Peran masyarakat sangat besar dalam pembangunan ini. Peran dengan profesi dan aktivitas masing-masing.

“Doakan semoga kita sukses selalu dalam menyejahterakan masyarakat Kepri,” kata Nurdin.

Tekad kita tetap supaya menjadi pusat ekonomi nasional. Memang saat ini ada pelambatan pergerakan ekonomi di masyarakat. Tidak harus bertumpu pada kemampuan satu daerah saja.

Karena, masing-masing kabupaten kota memiliki potensi dan pesona sendiri. Kalau dikelola dengan baik, Nurdin yakin semuanya akan tumbuh baik bersama-sama. Apalagi tiap daerah saling menopang dan kemajuan daerah lainnya.

Menurut Nurdin, semakin ke depan, Kepri harus bergerak semakin gemilang. Dalam berbagai catatan pusat, banyak kemajuan dan peningkatan yang diraih provinsi ini.

Untuk Indeks Pembangunan Manusia, misalnya Kepri berada pada posisi empat nasional dan peringkat satu di pulau Sumatera. Tentu, Nurdin mengajak semua pihak untuk berperan aktif bersama-sama meningkatkan IPM itu.

Salah satunya, menurut Nurdin semakin meningkatkan layanan pendidikan dan kesehatan. Untuk pengelolaan SLTA yang kini sudah menjadi tanggung jawab pihak provinsi, Nurdin selalu menegaskan semuanya harus semakin baik ke depannya.

“Supaya genersi Kepri bisa bersaing dimana saja dan dalam level apa saja. Karena, posisi Kepri yang strategis, kita juga bersaing dengan negara tetangga,” kata Nurdin.

Demikian juga dengan layanan kesehatan. Nurdin ingin sejak Puskesmas hingga Rumah Sakit Umum Daerah memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.

Terhadap tindakan yang perlu penanganan cepat apalagi darurat, jangan sibuk harus menanyakan administrasi lagi, tapi segera lakukan penanganan.

“Kadang masyarakat memahaminya dengan berbeda-beda. Berikan saja layanan terbaik,” sebut mantan Bupati Karimun dua periode ini.

Hambatan dan tantangan ke depan, kata Nurdin, tidak terbatas. Nurdin kembali menegaskan kebersamaan sangat penting dalam menyelesaikan masalah itu. Karena itu, dia selalu hadir di pulau-pulau untuk menjemput aspirasi dan mencarikan solusi terbaik.

Pada kesempatan Gubernur berterima kasih kepada DPRD Kepri, aparat keamanan, FKPD dan semua komponen masyarakat yang mendorong dan mengawal pembangunan di Kepri agar berjalan sebagaimana mestinya.

Faktor keamanan, kata Nurdin sangat penting untuk membuat Kepri yang nyaman dan damai. Aparat keamanan terus menjaga Kepri tetap kondusif sehingga masyarakat dapat beraktivitas melaksanakan kegiatan ekonomi soasial, agama dan lainnya. Investor dan wisatawan juga akan terus berdatangan dengan suasana yang kondusif.

“Terima kasih karena bekerja keras selalu membaca potensi yang mengakibatkan gangguan keamanan untuk masyarakat,” kata Nurdin.

Salah satu adalah antisipasi bahaya narkoba yang mengancam generasi bangsa. Aparat keamanan di Kepri cukup berperas besar melakukan pemberantasan dan pencegahan. Tantangan era digital juga diajak Nurdin disambut dengan melakukan pemanfaatan sebaiknya.

Kemajuan teknologi informasi juga akan memberi pengaruh bagi generasi muda. Nurdin berharap generasi Kepri lebih mendapat banyak efek positif dari era ini.

“Kita harus bentengi dengan agama. Sehingga Kepri menjadi daerah yang beriman dan bertaqwa dan sesuai dengan ideologi negara, Pancasila,” katanya.

Penguatan wawasan kebangsaan untuk generasi muda juga harus terus dilakukan. Hal itu pun terus dilakukan Nurdin terhadap anak-anak yang ditemuinya dalam setiap acara.

“Kepri punya generasi yang hebat, anak-anak pulau punya kemampuan, dan kita harus dorong mereka menjadi sukses untuk Kepri yang semakin cemerlang,” kata Gubernur.

Pada kesempatan itu, Nurdin juga meresmikan listrik sejumlah. Desa-desa yang dulunya hanya menyala 7 jam dalam sehari kita sudah bisa menikmati listrik 24 jam. Gubernur juga memberi sejumlah penghargaan dan menyaksikan beberapa penandatangan kesepakatan.

Paripurna Istimewa HUT 15

Usai memimpin Upacara Hari Jadi Kepri, Nurdin bersama FKPD, Para Pejuang, OPD, Tokoh Masyarakat menghadiri Sidang Paripurna Istimewa Peringatan Hari Jadi Provinsi Kepulauan Riau Ke-15 Tahun 2017 di ruang rapat sidang utama kantor DPRD Provinsi Kepri, Istana Kota Piring, Dompak, Tanjungpinang, Senin (25/9/2017).

Sidang Paripurna Istimewa Peringatan Hari Jadi Provinsi Kepulauan Riau Ke-15 Tahun 2017 di ruang rapat sidang utama kantor DPRD Provinsi Kepri

Menurut Nurdin, salah satu cara mensyukuri hari jadi provinsi adalah cara terus melanjutkan pembangunan daerah yang bertujukan kepada kesejahteraan bagi masyarakatnya.

“Penetapan secara hukum terkait pembentukan Kepulauan Riau merupakan perjuangan panjang yang melelahkan bagi para pejuang kita, hingga saat ini banyak capaian yang sudah kita raih namun bukan untuk berbangga diri namun capaian tersebut patutnya dijadikan pelajaran untuk terus membangun Kepulauan Riau menjadi semakin sejahtera,” ujar Nurdin.

Kedepan tantangan yang semakin sulit, zaman yang semakin modern serta tuntutan masyarakat yang terus bergulir, untuk itu Kepulauan Riau harus terus berbenah, Pemerintah sampai saat ini terus berupaya melakukan pembangunan-pembangunan diberbagai bidang yang tentunya tujuannya tetap satu, kesejahteraan masyarakat.

“Pemerintah bersama DPRD terus menjalin kebersamaan dalam membangun Kepri, berbagai kebijakan terus di upayakan demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat, pengembangan infrastruktur yang berfokus kepada infrastruktur dasar, pemerataan pembangunan juga peningkatan ekonomi masyarakat dan tak lupa peningkatan sistem kelola Pemerintahan yang makin baik demi mewujudkan tata kelola pemerintah yang efektif, efisien, tepat guna dan tepat sasaran,” sambung Nurdin.

Jumaga Nadeak selaku Pimpinan sidang mengucapkan terimakasih kepada seluruh tamu undangan yang hadir pada paripurna hari ini, yang mana dalam peringatan hari jadi Kepri ke-15 Tahun 2017 ini dijadikan semangat baru bagi seluruh masyarakat untuk terus dapat membangun Kepulauan Riau menjadi semakin baik kedepannya.

“Lima belas tahun silam merupakan momentum bersejarah bagi masyarakat Kepri yang mana berdasarkan UU Nomor 25 Tahun 2002 yang merupakan landasan hukum kita untuk dapat menjalankan roda pemerintahannya sendiri, Berbagai penghargaan didapat Provinsi Kepri dalam Kiprahnya selama membangun daerah, meskipun begitu masih banyak tugas dan tanggungjawab yang harus diselesaikan bersama,” ujar Ketua DPRD tersebut.

Dilanjutkan Jumaga bahwa dalam rentang waktu tersebut belumlah cukup untuk terus membangun daerah, perlu terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan untuk bagaiman dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Diharapkan kepada Pemerintah untuk terus menggali peluang membangun sektor-sektor stratiegis yang ada agar dapat dikelola dengan maksimal, selain itu sektor maritim yang menjadi unggulan utama kepri juga wajib untuk terus di dorong, berbagai kebutuhan dasar masyarakat seperti air bersih, pangan, kesehatan dan pendidikan. Lalu untuk infrastruktur juga perlu untuk menyatukan pulau-pulau yang ada di Kepri, tak lupa membangun ekonomi yang berbasis kemasyarakatkat dipandang perlu demi kelangsungan didaerah,” sambung Jumaga.

Tampak hadir dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ini Kapolda Kelri Irjen Sam Budigusdian, Danrem 033 WP Brigjen TNI Fachri, Danlantamal Tanjungpinang Laksamna Muda R Eko Suyatno, Kabinda Kepri Brigjen TNI Yulius Selvanus dan sejumlah FKPD.

Hadir juga mantan Penjabat Gubernur Agung Mulyana, Ibu Hj Aisyah Sani, tokoh sentral perjuangan pembentukan Provinsi Kepri H Huzrin Hood, Ketua LAM Kepri H Abdul Razak, Sekdaprov H TS Arif Fadillah, Istri Gubernur Kepri Hj Noorlizah Nurdi Basirun, Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Kepri H Rismarini Arif Fadillah, Wakil Ketua DPRD Husnizar Hood dan Amir Hakim.(basor/aldo/hamzah/rofik/risa)







KADIN _ FORPI


Custom Search