PWI Kepri : Gandenglah Media untuk Promosikan Wisata di Batam


Please follow and like us:

  • 0

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam menggelar kegiatan Rakor Pariwisata dalam rangka membahas tentang sarana serta prasarana penunjang pariwisata Batam di Swissbell Hotel, Selasa (26/9/2017).

Rapat tersebut turut dihadiri oleh beberapa stakeholder Kota Batam seperti Dinas Perhubungan, Polresta Barelang, Batam Tourism Polytechnik, perwakilan Bandara Hang Nadim, PHRI, dan PWI Kepri.

“Ini adalah langkah serta upaya kita untuk membangun sinergitas sebagai bentuk mengembangkan sektor pariwisata Batam,” ujar Kadisbudpar Batam, Pebrialin kepada wartawan.

Kata dia, Disbudpar Batam akan melibatkan sejumlah komponen untuk meningkatkan pariwisata Kota Batam. Yakni dari akademisi, pihak keamanan, perhubungan, dan media cetak maupun online.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kepri, Ramon Damora mengatakan peran media sangat diperlukan dalam menggenjot destinasi wisata di Batam. Untuk itu, perlu dukungan dari media baik cetak, online, maupun elektronik.

Menurutnya, media sangat berperan penting dalam mengupayakan dan mempromosikan destinasi wisata yang ada di Batam. Terutama dari segi positif yang sangat berpengaruh terhadap wisatawan mancanegara.

“Sebab, pengaruhnya akan dirasakan oleh wisatawan mancanegara terhadap berita negatif menyangkut sektor pariwisata,” ujar Ramon.

Maka dari itu, Ramon meminta kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam untuk menjalin hubungan baik dengan wartawan demi tercapainya pariwisata yang handal bagi setiap wisatawan lokal maupun mancanegara.

Ditambahkan Pebrialin, Batam sangat banyak potensi untuk dijadikan objek pariwisata, dan itu akan dikembangkan bersama stakeholder yang ada. Ada banyak potensi yang bisa di kelola, seperti pantai, kuliner, religi serta seni budayanya.

“Ada 13 potensi yang akan kita kembangkan di Batam ini, dan itu akan kita kelola untuk meningkatkan wisatawan lokal maupun mancanegara,” ungkapnya.

Tahun 2017 ini, jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Batam meningkat. Jumlahnya sebanyak 842.943 dibandingkan dengan tahun 2016 hanya 837.446 wisatawan mancanegara.

“Untuk meningkatkan wisatawan, kami akan melibatkan stakeholder yang ada di Batam,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Yusfa Hendri mengaku akan siap mendukung segala aspek yang menyangkut dengan pariwisata. Sebab, sektor pariwisata menyangkut segala aspek. Baik itu transportasi, kebersihan, dan juga keamanan.

“Dalam rangka mendukung Batam sebagai kota wisata, maka penataan transportasi juga harus diperhatikan. Karena itulah kami mengembangkan Trans Batam dengan destinasi Port to Port. Yaitu dari pelabuhan ke pelabuhan seperti yang ada di Sekupang, Batam Centre, Air Port, Nongsa, dan Punggur,” pungkasnya. (drm/ryn/tpk)

Sumber : Situskepri.com

Please follow and like us:

  • 0






KADIN _ FORPI


Custom Search