Meriah Nobar Pemutaran Film Penghianatan G30S PKI di Lapangan Bengkong Baru

PEMPROV KEPRI

Klik Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 8

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Warga kelurahan Bengkong Baru dan Kodim 0316 Batam, mengadakan Pemutaran Film penghianatan G30S PKI dalam “Nonton Bareng” di lapangan Bengkong Baru, Bengkong – Batam. Kamis, (28/09/2017)

Gerakan 30 September/Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI), Gestapu (Gerakan September Tiga Puluh), Gestok (Gerakan Satu Oktober) adalah sebuah peristiwa yang terjadi selewat malam tanggal 30 September sampai di awal 1 Oktober 1965.

Ketika tujuh perwira tinggi militer Indonesia beserta beberapa orang lainnya dibunuh (Pahlawan Revolusi) dalam suatu usaha kudeta.

Dalam pemutaran film G30S PKI dihadiri oleh Camat Bengkong, Lurah Bengkong Baru, Perwakilan Kodim 0316 Batam, dan warga kelurahan Bengkong Baru yang terdiri dari Anak-anak, Remaja, Dewasa dan Orang Tua.

Dalam sambutannya di pembukaan pemutaran acara Nonton Bareng, Camat Bengkong, Yudi Admadji menyampaikan, Film yang mana dibuat pada tahun 1980-an berdasarkan kejadian di bulan September 1965 dan keterangan dari Istri dari para Jenderal dan saksi/korban.

“Tujuan pemutaran Film G30S PKI ini, kita melihat kembali sejarah kelam bangsa Indonesia, dan selain itu ada 4 pilar (Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika) yang harus kita jaga yang mana merupakan dasar negara dalam memperkokoh rasa persatuan bangsa”. Pungkasnya

Dari pantauan wartakepri.co.id dilokasi, tampak warga memadati lapangan dimana pemutaran Film G30S PKI berlangsung, dan sebelum menyaksikan film tersebut tamu undangan beserta warga mengheningkan cipta sejenak dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Selaku Ketua Panitia Acara / Ketua Panitia Karang Taruna Bengkong Baru, Ferybki Ayub Fatchurozi Bbus (MM) mengatakan, dengan pemutaran Film G30S PKI dalam acara “Nontong Bareng” ini, Kita akan tau khususnya Warga kelurahan Bengkong Baru, bagaimana kejadian pada waktu itu di bulan September 1965.

Yang mana kita tidak dapat menyaksikannya lagi di televisi dan tidak menjadi materi pembelajaran lagi disekolah-sekolah bagaimana yang kita tau di sekarang ini.

“Setelah menyaksikan pemutaran film G30S PKI dapat hendaknya kita lebih erat lagi dalam persatuan dan kesatuan, serta mempertahankan Pancasila untuk ketahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia”. Tutupnya

(Andi Pratama)

Klik Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 8

PEMKAB BINTAN
DPRD BATAM
PEMKAB LINGGA
SPACE IKLAN




DINKES