Gerakan Tanam 5000 Pohon BP Batam dan Budha Dharma Indonesia


Please follow and like us:

  • 0

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Gerakan Peduli Sekitar Kita (GPSK) bekerjasama dengan Badan Pengusahaan (BP) Batam, melaksanakan tanam 5000 pohon dalam kegiatan aksi nyata kepedulian terhadap lingkungan di Kelurahan Tembesi, Sagulung – Batam.

Yang diselenggarakan oleh Majelis Nichiren Shoshu Budha Dharma Indonesia (MNSBDI) bersama Wahana Negara Raharja (WNR) dalam rangka merayakan ulang tahun umat Buddha Nichiren Shoshu Indonesia. Minggu, (01/10/2017)

Aksi sosial penanaman 5000 pohon ini dihadiri oleh, Ketua GPSK Pusat, Kepala Kantor Air dan Limbah BP Batam, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Batam, Lurah Sagulung, Camat Batu Aji, Ketua WNR Batam, Tokoh Agama Islam, Kristen, Hindu, dan Buddha, beserta Tamu undangan.

Dalam sambutannya menjelang penanaman 5000 pohon, selaku Ketua GPSK Pusat, Irwan Prasida menyampaikan, kegiatan yang kita lakukan ini merupakan program tahunan yang mana sudah kita lakukan di 23 Provinsi dan tahun ini di Kota Batam – Provinsi Kepulauan Riau.

Batam letaknya di perbatasan, yang otomatis menjadi pintu keluar masuk barang niaga maupun nilai-nilai yang mempengaruhi masyarakat Indonesia, dan Batam adalah salah satu pulau penting dalam mempertahankan NKRI.

“Kegiatan kali ini bertemakan “Tancapkan Akar, Hijaukan Pulau” sebagai usaha untuk melestarikan dan mewariskan lingkungan yang lebih baik, serta berguna dan bermanfaat bagi masyarakat Batam. dimana alam lestari ekosistem pun akan terjaga keseimbangannya”. Ungkapnya

Pantauan wartakepri.co.id dilokasi kegiatan, peserta (Tamu undangan) tanam 5000 pohon kali ini antuasisnya cukup besar meski menghadapi guyuran rintik hujan, dan diikuti kurang lebih sekitar 700-an orang (Batam, Tanjung Pinang dan Tanjung Balai Karimun).

Ditempat yang sama, selaku Kepala Kantor Air dan Limbah BP Batam, Ir. Binsar Tambunan mengatakan, Jenis pohon yang akan ditanam adalah Bakau dan Saga, untuk penanamannya ini berlokasi di sekitar wilayah Dam Duriangkang, Tembesi Batu Aji.

“Bibit pohon yang ditanam dengan total 5000 bibit bakau ditambah 4000 bibit saga, mencakup luas area kurang lebih mencapai 80 hektar di Dam Tembesi ini,” ujarnya

Sekilas Majelis Nichiren Shoshu Budha Dharma Indonesia (MNSBDI), yang mana merupakan perkumpulan umat Buddha Nichiren Shoshu di Indonesia, yang tergabung dalam Perwakilan Umat Buddha Indonesia (WALUBI), dan Wahana Negara Raharja (WNR) sebuah kegiatan pembinaan umat Buddha berskala nasional dimana setiap kegiatannya selalu disertai dengan program Gerakan Peduli Sekitar Kita (GPSK) yang selalu mengajak umat Buddha membuat aksi nyata untuk memperbaiki lingkungan sekitarnya.

(Andi Pratama)

Please follow and like us:

  • 0






KADIN _ FORPI


Custom Search