Penuhi Kriteria, KPPAD Linga Apresiasi Desa Benan jadi Desa Layak Anak


WARTAKEPRI.co.id, LINGGA – Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah (KPPAD) Kabupaten Lingga memberi respon positif dengan dideklarasikannya Desa Benan Kecamatan Senayang sebagai desa layak anak oleh Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos-PPPA) Lingga akhir September lalu.

KPPAD Lingga menilai penetapan yang dilakukan oleh dinas tersebut telah sesuai apa yang telah menjadi harapan mereka selama ini.

” Desa Benan merupakan desa terdepan dan pintu masuk wilayah Kabupaten Lingga. Benan juga merupakan salah satu desa wisata yang banyak dikunjungi orang atau wisatawan dari berbagai daerah. Jadi ini tepat sekali,” kata Encik Afrizal, Ketua Komisioner KPPAD Lingga, Kamis (5/10/2017)

Menurutnya, ditunjukkannya desa Benan itu juga sangat berpengaruh sekali bagi perkembangan dan pertumbuhan anak-anak disana.

” Ada lima kluster menjadi pandangan KPPAD, seperti, hak pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan seni dan budaya, hak kesehatan dan kesejahteraan anak, hak sipil, dan kewarganegaraan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, serta perlindungan khusus,” ungkapnya

Lanjut Encik, penetapan desa/kecamatan layak anak telah menjadi komitmen pemerintah dalam melindungi dan memenuhi hak-hak anak di desa/kecamatan oleh pemerintah Kabupaten Lingga.

” Hendaknya menjadi komitmen kita bersama baik pemerintah daerah, masyarakat, dunia usaha, media, dan orang tua dalam pembangunan yang responsif terhadap anak. Semoga ini menjadi rol model dan merambah ke desa/kecamatan lain di Kabupaten Lingga,” harapnya.

Dengan adanya komitmen pemerintah dalam melindungi dan memenuhi hak anak, sudah barang tentu akan mencerdaskan generasi dalam menyongsong kemajuan negeri.

” Semua itu punca dari terwujudnya generasi Kabupaten Lingga yang maju, cerdas, sejahtera dan berakhlak mulia. Semoga apa yang di rencanakan ini akan menuai hasil yang baik pula,” imbuhnya.

Kata Encek Afrizal lagi, untuk menambah pemahaman dan mengedukasi masyarakat terhadap perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak di desa-desa, dia menghimbau kepada pemerintah desa, agar dapat menganggarkan melalui dana desa untuk melakukan pemberdayaan masyarakat desa terkait perlindungan anak.

” Kami dari KPPAD Lingga sangat berharap sekali, kalau bisa seluruh desa yang ada di Kabupaten Lingga dapat menganggarkan pada Tahun 2018 nanti,” pungkasnya berharap. (*)

hms/humas/raviazhar







KADIN _ FORPI


Custom Search