Paparkan Kinerja di HUT Kabupaten Natuna ke 18, Bupati Hamid Tampil Bertanjak‎


WARTAKEPRI.co.id, NATUNA – Sorot mata memandang sosok Bupati Natuna Hamid Rizal tampak spesial mengenakan Busana baju kurung Melayu warna biru muda padukan kain songket.

Namun penampilan kali ini tampak berbeda dari biasanya, dengan mengenakan Tajak kain di kepala menjadi ciri khas kaum adam di Melayu. ‎

Kain yang dililitkan di kepala itu dinamakan Tanjak. Ibarat kaum pria Jawa memakai blangkon, sebagai simbol adat Jawa, yang sudah sangat populer di Indonesia.

Keberadaan Tanjak di daratan Melayu juga sebagai ciri khas sejak bumi terbentang. Kini, di berbagai daerah kembali mempopulerkan yang menjadi ciri dan simbol adat tersebut.

Seperti dikenakan Bupati Natuna, apakah ini sinyal atau Pesan inggin sampaikan kepada anak buahnya saat peringati hari ulang tahun natuna bahwa Tajak harus di populerkan.

Usai 18 tahun Kabupaten Natuna angka sangat matang ibarat manusia Natuna mulai beranjak dewasa sejak ditetapkan melalui undang-undang nomor 53 tahun 1999.

Selama masa tersebut, sudah banyak hal yang dicapai, namun ke depan lebih banyak yang harus dilakukan untuk memenuhi tanggung jawab seiring tantangan yang semakin kompleks.

“Mari kita kerja bersama merumuskan sebuah rencana pembangunan jangka menengah, sebagaimana ditetapkan dalam Perda Nomor 7 Tahun 2016. Selanjutnya dijalankan dalam visi dan misi pembangunan untuk mewujudkan Masyarakat Natuna Yang Cerdas dan Mandiri Dalam Kerangka Keimanan dan Budaya Tempatan,” kata Hamid Rizal dalam sambutannya, pada Peringatan Hari Jadi Natuna yang Ke-18, di Halaman Kantor Bupati Kabupaten Natuna, Kamis (12/10/2017).

Melalui Peringatan Hari Jadi Natuna yang Ke-18 ini, lanjutnya, dengan mengangkat tema “Kerja Bersama Membangun Natuna Yang Sejahtera” dengan arti, bahwa keberhasilan dalam membangun Natuna, hanya dapat terwujud melalui kebersamaan.

Mari membangun Natuna sesuai kapasitas dan keahlian masing-masing, bersinergi membentuk Natuna yang lebih baik bekerja sama,” ujar Hamid.

Dikatakannya lagi, bahwa berbagai pembangunan yang telah dilaksanakan, membuahkan hasil yang cukup menggembirakan, baik itu Indeks Pembangunan Manusianya, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) perkapita, Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK), Kualitas Kesehatan, Kualitas Pendidikan, maupun Pertumbuhan Ekonomi semuanya mengalami peningkatan.

“Berkenaan dengan pencapaian pembangunan sampai saat ini, Natuna juga telah menerima beberapa penghargaan dari Pemerintah Pusat maupun Organisasi/lembaga. Dantaranya, Penghargaan Terhadap Indeks Transparansi Pengelolaan Keuangan Daerah terbaik untuk Regional Sumatera yang diberikan Program Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gajah Mada,” katanya.

Selain itu, sambungnya, Penghargaan Nasional Procurement Award 2016 pada kategori “LPSE Fighting Spirit” bagi LPSE Kabupaten Natuna, Penghargaan dari Gubernur Kepri sebagai Juara Lomba Evaluasi Perkembangan Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Kepri tahun 2016.

“Serta Penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi, yang disampaikan atas prestasi dalam akuntabilitas kinerja tahun 2015,” katanya lagi.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Hamid Rizal, mengucapkan teri makasih yang tidak ter hingga kepada semua pihak yang telah berjuang membentuk Kabupaten Natuna dengan tulus dan ikhlas tanpa pamrih. 

Selamat Hari Jadi Kabupaten Natuna, semoga Allah SWT melimpahkan karunianya untuk masyarakat Natuna.

Selanjutnya, Bupati Hamid Rizal, menyerahkan penghargaan kepada Desa dan Kelurahan Pemenang Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Kabupaten Natuna Tahun Anggaran 2017, yakni, Pemenang Lomba Desa, Juara I dari Desa Limau Manis, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Juara II dari Desa Klarik, Kecamatan Bunguran Utara, Juara III Desa Batu Gajah, Kecamatan Bunguran Timur.

Sedangkan Pemenang Lomba Kelurahan, Juara I dari Kelurahan Bandarsyah, Kecamatan Bunguran Timur, Juara II Kelurahan Sedanau, Kecamatan Bunguran Barat, dan Juara III, kelurahan Sabang Barat, Kecamatan Midai.

Kemudian dilanjutkan penyerahan bantuan hibah peralatan pengolahan kerupuk ikan berupa FREEZAR (alat penyimpan makanan beku) dan MEAT MINCER (alat penggiling daging manual) kepada 10 industri rumah tangga di Desa Sabang Mawang Balai, Kecamatan Pulau Tiga.

Serta Penandatanganan Prasasti/Peresmian dan Penyerahan Pembangunan Pasar Kecamatan Bunguran Barat dan Pasar Kecamatan Bunguran Batubi.(*)

Tulisan : Rikyrinov‎
Editor : Dedy Swd

Ket foto :Bupati Natuna H.A. Hamid Rizal berpose bersama Prof. Dr. M. Ryaas Rasyid, usai memberikan kuliah umum kepada Ratusan Aparatur Sipil Negara (ANS)) yang bertugas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna telah dianugrahi tanda penghargaan Satya Lencana Karya Satya dari Presiden RI dalam rangkaian  peringatan Ulang Tahun Natuna Ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo, di lingkungan pemerintah kabupaten Natuna tahun 2017, Gedung Sri Serinditn Rabu,(11/10/2017).







KADIN _ FORPI


Custom Search