Darmin Minta Pimpinan Baru BP Batam Mampu Naikkan Ekonomi Batam dari 1 Persen ke 7 Persen


PEMPROV KEPRI

Please follow and like us:

  • 0

WARTAKEPRI.co.id, JAKARTA – Menko Perekonomian Darmin Nasution melantik Lukita Dinarsyah Tuwo sebagai Ketua BP Batam. Pelantikan tersebut berdasarkan kesepakatan dalam evaluasi yang dilakukan Dewan Kawasan Batam yang dipimpin Darmin.

Darmin menjelaskan, dalam evaluasi tersebut terdapat beberapa temuan di antaranya yakni kawasan Batam tidak lagi memiliki daya tarik dibandingkan daerah lain. Apalagi setelah berlakunya masyarakat ekonomi ASEAN (MEA).

Adanya penurunan pertumbuhan di Batam dari 5,45 persen pada 2016 ditaksir menjadi di bawah dua persen pada 2017. Selain itu, banyak perusahaan di Batam yang memilih untuk tutup. Data 2015, ada 54 perusahaan, 62 perusahaan di 2016 dan 53 perusahaan hingga Juli 2017.

“Berdasarkan evaluasi oleh Dewan Kawasan Batam pada 16 Oktober 2017, telah disepakati beberapa kebijakan pokok dalam rangka percepatan revitalisasi FTZ batam yaitu perlu kembalikan kawasan Batam sebagai tujuan investasi yang menarik, dan menjadi salah satu lokomotif pertumbuhan regional dan nasional dengan mempertahankan ivestasi yang ada,” kata Darmin dalam sambutannya, di Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Kamis 19 Oktober 2017.

Adapun jajaran pengurus BP Batam yang baru yakni:
1. Ketua Lukita Dinarsyah Tuwo.
2. Anggota I Deputi Bidang Administrasi dan Umum Purwiyanto.
3. Anggota II Deputi Bidang Perencanaan dan Pengembangan Yusmar Anggadinata.
4. Anggota III Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Usaha Dwianto Eko Winaryo.
5. Anggota IV Deputi Bidang Pengusahaan Sarana masih kosong.
6. Anggota V Deputi Bidang Pelayanan Umum Bambang Purwanto.

” Untuk jabatan wakil kepala disepakati untuk dikosongkan. Serta jabatan Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Lainnya sedang dalam proses pemilihan sehingga akan dirangkap oleh ketua,” jelas Darmin.

Dua Tahun Ekonomi Batam ke 7 Persen

Kepemimpinan Lukita diharapkan mampu mengembalikan kejayaan kawasan Batam dengan ditandai kenaikan pertumbuhan ekonomi. Menko Perekonomian Darmin Nasution mengakui saat ini Batam tengah mengalami kemunduran. Hal tersebut terlihat dari capaian pertumbuhan ekonomi yang mencapai 5,45 persen, atau melambat dibanding tahun sebelumnya.

“Ke depan pimpinan BP Batam yang baru harus upayakan untuk ciptakan ekonomi Batam yang berdaya saing dan maju, dalam dua tahun ke depan hendaknya dapat mengembalikan pertumbuhan ekonomi di Batam sebesar 7 persen,” kata Darmin dalam sambutan pelantikan, di Kemenko Perekonomian.

Oleh karena itu, Darmin melanjutkan, Lukita dan jajarannya harus melakukan beberapa program di antaranya menyelesaikan dualisme dan membangun sinergi dengan semua pemangku kepentingan.

Kemudian mempercepat transformasi FTZ menjadi KEK, meningkatkan pelayanan investasi, meningkatkan kinerja organisasi BP Batam, serta mendukung pembangunan Kota Batam.

Selain itu, pengurus BP Batam yang baru juga harus menyelesaikan beberapa kebijakan kepengurusan sebelumnya yang belum dilaksanakan sejauh ini yakni pengalihan aset, pelayanan pelabuhan, menyelesaikan permasalahan lahan serta pelaksanaan audit BPKP.

“BP Batam harus menjaga dan menegakkan integritas, memfasilitasi kebutuhan investor, bukan memksimal penerimaan dan bersaing dengan investor, setiap kebijakan yang strategis dan signifikan agar melalukan komunikasi dengan stakeholder terkait dan melaporkan kepada Dewan Kawasan Batam,” pungkas Darmin.(*)

Sumber: Metrotvnews.com
Editor: Dedy SWD

Please follow and like us:

  • 0

DPRD BATAM
PEMKAB BINTAN
PEMKAB LINGGA
SPACE IKLAN