Tahun 2017 Alokasikan Rp 60 T, Presiden Ajak Masyarakat Ikut Awasi Program Dana Desa


PEMPROV KEPRI

Please follow and like us:

  • 0

WARTAKEPRI.co.id, JAWA BARAT – Disaat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, Selasa kemarin, Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa program dana desa memerlukan peran serta masyarakat dalam pengawasannya agar dapat berjalan optimal. Di samping itu, dana desa ini juga dinilai sangat membantu pedesaan untuk dapat menggerakkan perekonomiannya.

Hari ini, Rabu, 18 Oktober 2017, Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas yang membahas tentang optimalisasi dana desa ini digelar di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Dalam pengantarnya, Presiden menjelaskan bahwa sebanyak 74.958 desa dan 8.430 kelurahan memerlukan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakatnya. Dengan pembangunan yang memanfaatkan dana desa tersebut, ia menginginkan roda perekonomian di desa bisa bergerak dengan tidak kalah cepatnya dibanding di perkotaan.

“Tahun 2015 telah kita berikan Rp20,76 triliun, tahun 2016 Rp46,98 triliun, tahun 2017 Rp60 triliun. Ini adalah jumlah yang sangat besar, sangat besar,” kata Presiden.

Namun, kepada jajarannya, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menegaskan bahwa pemerintah harus memastikan bahwa pemanfaatan dana tersebut ke depannya dapat berjalan dengan optimal di lapangan. Hal pertama yang harus dipastikan ialah mengenai pemanfaatan untuk hal-hal produktif bagi perekonomian desa.

“Pertama, untuk hal-hal yang produktif yang bisa langsung membuka lapangan pekerjaan. Kita harapkan semua yang dikerjakan di desa dilakukan dengan warga melalui musyawarah perencanaan pembangunan di desa,” ujarnya.

Hal lainnya yang diminta Presiden untuk menjadi perhatian khusus ialah mengenai pengawasan pemanfaatan dana tersebut. Kepala Negara mewanti-wanti jajarannya untuk terus melakukan pendampingan semampu mungkin dalam mengawal jalannya pembangunan di desa-desa.

“Saya minta penggunaan dana desa ini betul-betul ada pendampingan. Didampingi dengan baik terkait jenis proyeknya, waktu pengerjaan, dan juga manajemen lapangannya diawasi semuanya,” tegasnya.

Sehari sebelumnya, Presiden juga telah menginstruksikan kepada para kepala desa untuk lebih melibatkan masyarakat dalam menentukan arah pembangunan desa sesuai dengan kebutuhan yang ada. Selain itu, ia juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam mengawasi penggunaan dana desa yang telah diberikan pemerintah pusat.

“Pengawasan yang paling baik itu adalah dari masyarakat,” tutur Presiden saat itu.(*)

Bey Machmudin
Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden

Please follow and like us:

  • 0

DPRD BATAM
PEMKAB BINTAN
PEMKAB LINGGA
SPACE IKLAN