Hamid Rizal Hadiri Rakor Bersama Gubernur Kepri Bahas Pembangunan di Natuna


PEMPROV KEPRI

Please follow and like us:

  • 0

WARTAKEPRI.co.id, NATUNA – Bupati Natuna, H. A.Hamid Rizal,menghadiri acara Rapat Koordinasi (Rakor) Provinsi Kepulauan Riau, Jum’at siang (20/10/2107) di Gedung Daerah Provinsi Kepri Tanjungpinang.

Sambutan Gubernur Kepri menekankan sangat penting Sinergi dan sinkronisasi itu merupakan kata kunci agar pembangunan semakin efisien dan semakin efektif.

“Kita tidak boleh mengulang-ulang lagi kebiasaan-kebiasaan lama di mana perencanaan dan penganggaran banyak dan ada yang tidak sambung, tidak sinkron, antara yang direncanakan beda dengan yang dianggarkan. Sehingga tujuannya meleset dari sasaran yang ingin kita capai,” kata Gubernur saat Rapat Koordinasi diikuti oleh Seluruh Bupati/Walikota se Provinsi Kepri, di Gedung Daerah Tanjungpinang, Jumat (20/10/2017).

Gubernur berharap dalam Rakor ini, mendapat sumbang saran yang positif dari Bupati/Walikota dan menghasilkan rumusan kebijakan dan solusi permasalahan yang dihadapi dalam percepatan pembangunan di Provinsi Kepri.

Sebelumnya Gubernur menerima piagam atas keberhasilan Pemerintah Provinsi Kepri dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2016, dengan capaian Standar Tertinggi yakni Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu.

Dikatakan Nurdin, saat ini Pemerintah Kabupaten Natuna menjadi perhatian pemerintah pusat, terutama terkait pengembangan sektor Pariwisata. Dimana potensi wisata daerah perbatasan itu, mempunyai nilai tinggi untuk dikembangkan.

Untuk itu, menurut Gubernur sebagai upaya kongkrit dalam mendukung hal tersebut, harus pula melibatkan seluruh masyarakat melalui regulasi yang ditetapkan.

Masyarakat harus dilibatkan dalam pengembangan sektor pariwisata, terutama dalam hal menjaga kebersihan lingkungan pantai dan laut.

“Untuk menjaga kebersihan pantai dan laut, masyarakat kita harus diberi bimbingan agar mereka tidak buang sampah di pantai dan laut. Sebab kebersihan pantai dan laut bukan hanya untuk mendukung sektor pariwisata saja, namun juga akan berdampak positif pada sektor lainnya seperti perikanan”, ungkap Gubernur.

Mengenai penyelenggaraan keungan, Gubernur menambahkan, saat ini penyelenggaraan keuangan pemerintahan tingkat desa strategi tepat untuk meningkatkan kemandirian dan pemberdayaan masyarakat. Namun peluang tersebut juga diiringi regulasi yang jelas dalam pengaturannya.

Oleh sebab itu, Nurdin berharap agar Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepri selalu melakukan sinergisitas dan koordinasi bagi mendukung proses pengawasan penyelenggaraan keuangan ditingkat desa. Agar penyerapan dan pengelolaan anggaran dapat efisien, tepat guna dan tidak terjadi penyalahgunaan kewenangan dan peruntukan.

Gubernur, Nurdin Basirun berpesan bagi Pemerintah Daerah yang meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang merupakan opini tertinggi penyelenggaraan keuangan daerah agar terus mempertahankan prestasi tersebut.

Sambung Nurdin,Sementara kepada pemerintah daerah yang belum berhasil meraih predikat WTP dalam pengelolaan keunangan, agar terus meningkatkan kelengkapan dan melakukan evaluasi secara lebih menyeluruh bagi mewujudkan pengelolaan keuangan yang lebih efisien dan transparan kedepan.

Pada kesempatan tersebut, juga diserahkan Piagam terhadap Laporan Penyelenggaraan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2017 kepada seluruh Kepala Daerah se-Provinsi Kepri dari Kementerian Keuangan RI yang diwakili oleh Kepala Wilayah Perbendaharaan Provinsi Kepri, dan penyerahan Buku Pemantauan dan Evaluasi DAK Fisik dan Dana Desa Tahap 1 Tahun Anggaran 2017.(*)

Rikyrinovsky /Humas

Please follow and like us:

  • 0

DPRD BATAM
PEMKAB BINTAN
PEMKAB LINGGA
SPACE IKLAN