Tutupi Defisit APBD, Pemko Batam Tuntut 300 Miliar Hutang Pajak


PEMPROV KEPRI

Please follow and like us:

  • 6

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Semenjak tahun 2014 yang lalu, hutang Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Kota Batam sebesar Rp 300 miliar. Besaran piutang tersebut, merupakan warisan dari Kantor Pelayanan Pajak (KKP).

Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD), akan menagihnya guna menutupi defisit Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) di tahun ini.

“Sekarang sedang di data. Kita juga bekerjasama dengan BPKP untuk lakukan klasifikasi,” ujar Kepala BP2RD Batam, Raja Azmansyah, Senin (23/10/2017).

Menurut dia, langkah tersebut perlu dilakukan mengingat adanya beberapa lahan yang tumpang tindih. Seperti pada satu lokasi yang masih ada PBB-P2 untuk lahan induk, padahal sertifikatnya sudah dipecah.

Kata Raja, piutang pajak restoran yang masuk kedalam kategori pajak daerah sebesar Rp 4 miliar, juga harus dikejar untuk menutupi defisit tersebut. Caranya adalah melakukan penagihan aktif dengan menyurati semua wajib pajak yang menunggak di tahun berjalan.

“Kita coba lakukan ini untuk kejar defisit. Paling tidak defisit kita 100 miliar dari pajak daerah,” tuturnya.

Setelah melayangkan surat kepada yang menunggak itu, sambung Raja, langkah selanjutnya yang akan dilakukan adalah mempublikasikannya ke media massa. Tujuannya untuk menghimbau wajib pajak agar segera menunaikan kewajibannya.

“Jika tak efektif, akan kita surati lagi. Lalu baru kita turun ke lapangan, dan minta izin pimpinan buat pengumuman bahwa gedungnya tidak bayar pajak. Semacam memberikan efek jera. Kemudian kita siapkan instrumen sesuai regulasi UU 28 tentang pajak daerah,” terangnya.

Raja Azman menjelaskan, saat ini piutang PBB-P2 yang telah tertagih ada sekitar 5 hingga 7 miliar rupiah. Untuk itu, kepada wajib pajak segeralah menunaikan kewajibannya kepada pemerintah dengan cara membayarnya.

“Sebab pemerintah sangat butuh untuk sumber pembiayaan pembangunan,” pungkasnya. (san)

Sumber : Media Centre Batam

Please follow and like us:

  • 6

DPRD BATAM
PEMKAB BINTAN
PEMKAB LINGGA
SPACE IKLAN