Bupati Bintan Ingin Pelajar dan Masyarakat Sinergi Ciptakan Budaya Membaca


PEMPROV KEPRI

Please follow and like us:

  • 0

WARTAKEPRI.co.id, BINTAN – Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Bintan melalui Dinas Perpustakaan menggelar kegiatan promosi Minat Baca Masyarakat Kabupaten Bintan Tahun 2017 di Gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) Bintan, Selasa (7/11/2017) pagi.

Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos yang membuka kegiatan mengatakan bahwa secara global saat ini minat baca mengalami penurunan, bahkan dari 61 sampel negara dari seluruh negara-negara di dunia, minat baca masyarakat di Indonesia menempati posisi ranking ke 60.

Di Kabupaten Bintan sendiri berbagai sarana dibangun guna meningkatkan minat baca masyarakat, khususnya para pelajar. Beberapa fasilitas didorong guna meningkatkan minat baca antara lain perpustakaan keliling, perpustakaan apung dan yang terbaru Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan juga membangun Gedung Community Centre atau disebut juga Gedung Pintar.

Ditambahkannya juga, bahwa fasilitas Gedung Pintar salah satunya didorong dalam pemanfaatan guna menciptakan budaya membaca agar masyarakat khususnya kaum pelajar menjadi senang membaca.

“Saat ini berbagai fasilitas telah kita siapkan, namun minat baca masyarakat masih cenderung menurun. Harus ada metode terbaik untuk mendorong masyarakat dan anak-anak kita guna menjadi generasi yang gemar membaca,” ujar Bupati di dampingi Bunda Paud Bintan, Hj Deby Apri Sujadi.

Nantinya fasilitas yang ada di Gedung Community Centre atau Gedung Pintar, lanjut dia, di dorong agar tidak hanya fasilitas namun bagaimana merubah mindset, budaya gemar membaca itu perlu dilakukan secara bersama sinergi diseluruh unsur yang ada di Kabupaten Bintan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Bintan, Edi Pribadi mengatakan bahwa sebanyak 92 orang peserta yang mengikuti kegiatan Minat Baca tersebut. Dari 92 orang peserta itu, 30 orang diantaranya murid Sekolah Dasar (SD), dan 62 orang Tenaga Pengajar.

Selain itu, Dinas Perpustakaan Kabupaten Bintan juga mendatangkan pendongeng Nasional dari Kampung Dongeng Indonesia. Yaitu Kak Awang Prakoso.

“Kita undang Kak Awang Prakoso guna memberikan tip dan cara metode bercerita serta membaca yang benar. Semoga hal ini memberikan manfaat bagi semua,” tutupnya. (mcb)

Please follow and like us:

  • 0

DPRD BATAM
PEMKAB BINTAN
PEMKAB LINGGA
SPACE IKLAN