Jika Peserta BPJS Ketenagakerjaan Perorangan Kecelakaan, Akan Diurus Semuannya


Please follow and like us:

  • 6

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – BPJS Ketenagakerjaan menjamin semua resiko kecelakaan kerja yang dapat menghampiri pekerja kapan saja. Untuk itu, Pedagang keliling, penjaga masjid dan musholla, buruh bangunan pun dianjurkan ikut BPJS ketenagakerjaan.

“ Jaminan Kecelakaan Kerja bukan hanya menanggung ketika terjadi kecelakaan di tempat kerja, tapi mulai dia keluar dari pintu rumah menuju tempat kerja, hingga ia kembali lagi ke rumah,” jelas staf BPJS Ketenagakerjaan Batam, Senin (6/11/2017).

Apa saja yang menjadi tanggungan BPJS Ketenagakerjaan bagi anggotanya yang tertimpa musibah kecelakaan kerja?

“Yang pertama itu kami akan menanggung biaya angkut korban, baik darat maupun laut. Misalnya nih, terjadi kecelakaan di tengah laut, maka kami wajib mengeluarkan biaya pengangkutan dari titik kejadian, hingga ke rumah sakit tempat koban dirawat,” jelasnya.

Tak berhenti sampai disitu, BPJS Ketenagakerjaan juga akan menanggung biaya pengobatan dan perawatan anggotanya sesuai dengan kebutuhan medis.

“Kalau dia kecelakaan kerja dan mengakibatkan tak bisa bekerja hingga berbulan-bulan, maka upahnya juga dikeluarkan oleh BPJS Ketenagakerjaan melalui perusahaan tempat yang besangkutan bekerja,” jelasnya.

Bagi pekerja yang tak mampu bekerja selama 6 bulan pertama, maka upah akan dibayar full oleh BPJS Ketenagakerjaan, 6 bulan kedua, pekerja mendapatkan 75 persen dari upah dan 6 bulan ketiga hingga seterusnya 50 persen dari upah.

“Kalau kecelakaan itu menimbulkan cacat, baik sebagian anatomis maupun cacat total hingga cacat sebagian fungsi, kami juga akan memberikan santunan, kepada pekeja hingga 70% x 80 x upah sebulan,” jelas Krisna.

Termasuk untuk penggantian gigi palsu, BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan tanggungan hingga Rp3 juta.

“Kalau yang bersangkutan meninggal, maka kami mengeluarkan santunan hingga 24 juta, ditambah bea siswa pendidikan 1 orang anak sebesara Rp12 juta,” jelasnya.

Selain itu, BPJS Ketenagakerjaan juga menyediakan Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP) bagi para anggotanya.

“Jadi anggota BPJS Ketenagakerjaan tidak susah, mau perorangan, ataupun perusahaan. Tinggal bawa KTP, pengantar dari tempat bekerja, maka akan langsung diproses. Sehari selesai,” ungkap Krisna.

Jadi tunggu apalagi, segera daftarkan diri anda ke BPJS Ketenagakerjaan. Lindungi diri untuk Anda dan orang-orang tercinta.(*)

Sumber: bosanto/batamclick

Please follow and like us:

  • 6

PEMPROV KEPRI
DPRD BATAM
PEMKAB BINTAN
PEMKAB LINGGA
SPACE IKLAN