Ini Kata Fauzi Bahar Tentang Potensi Maritim di Kepri


PEMPROV KEPRI

Please follow and like us:

  • 0

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Kepulauan Riau merupakan salah satu Provinsi di Sumatera yang memiliki banyak potensi. Sebagai wilayah kepulauan, Kepri punya potensi maritim yang lebih unggul dibanding Provinsi lainnya di Sumatera.

Dr. H Fauzi Bahar, M.Si mengatakan bahwa Kepri memiliki potensi maritim yang bagus. Sebab, Provinsi dengan 2 Kota dan 5 Kabupaten ini dikelilingi oleh banyak pulau. Dan merupakan tempat lintasan kapal-kapal besar dari luar negara Indonesia.

“Kita tinggal mengembangkan dan menghidupkan semua potensi yang ada itu aja,” ujar Fauzi saat memberikan kuliah umum bertema “Potensi Maritim Kepri” kepada puluhan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau Kepulauan Batu Aji, Kota Batam, Rabu (8/11/2017) malam.

Menurut dia, ekonomi Kepri akan lebih membaik jika bisa mengelola serta memanfaatkan segala potensi yang ada dalam sektor maritim tersebut. Seperti pelestarian budidaya ikan laut, perairan, pariwisata dan memanfaatkan jalur lintas lautnya untuk memasarkan air dan minyak.

Dia berpendapat, apabila jalur laut Kepri yang banyak dilintasi oleh kapal-kapal besar dapat digarap dengan baik seperti dimanfaatkan untuk memasarkan air dan minyak, maka potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam setahun minimal bisa mencapai Rp 3 triliun.

“Itu dari air dan minyak jika dijual,” kata mantan Walikota Padang 2 periode ini.

Disamping itu, sambung dia, juga perlu di dukung dengan banyaknya penyelenggaraan iven-iven untuk memajukan sektor pariwisata Kepri. Seperti olahraga perairan yang harus ditingkatkan. Karena semakin banyak itu digelar, akan semakin banyak pula peluang untuk pengembangan potensi maritimnya.

“Harus ada iven yang banyak digelar,” imbuhnya.

Dalam kegiatan kuliah umum ini, juga terlihat hadir Anggota DPRD Provinsi Kepri, Alex Guspeneldi.

Antusias segenap mahasiswa dari 3 Program Studi (Prodi) FKIP Unrika yang hadir, terpantau begitu luar biasa mengikuti kuliah umum ini. Mereka menyimpulkan bahwa potensi maritim Kepri masih bisa dikembangkan dan menghasilkan jika dikelola dengan baik dan benar. (san)

Please follow and like us:

  • 0

DPRD BATAM
PEMKAB BINTAN
PEMKAB LINGGA
SPACE IKLAN