Presiden Jokowi Akan Resmikan Mall Pelayanan Publik Batam


PEMPROV KEPRI

Please follow and like us:

  • 0

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Anggota 5 Deputi Bidang Pelayanan Umum Badan Pengusahaan (BP) Batam, mengadakan acara dalam Rapat Koordinasi Mall Pelayanan Publik yang berlangsung di Gedung BP Batam, Batam Centre, Kamis (09/11/2017).

Mall Pelayanan Publik adalah tempat layanan publik yang diselenggarakan secara bersama dilakukan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Lembaga dan atau penyelenggara pelayanan publik lainnya dalam satu lokasi yang saling terintegrasi sesuai dengan ruang lingkup dalam nota kesepahaman.

Pada rapat koordinasi tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (BPM-PTSP) Kota Batam, Wakapolresta Barelang, Bea Cukai Batam, Imigrasi Batam dan Instani terkait lainnya.

Dalam keterangannya kepada wartakepri.co.id, Anggota 5 Deputi Bidang Pelayanan Umum BP Batam, Bambang Purwanto mengatakan bahwa nantinya dalam Mall Pelayanan Publik ini akan memberikan 340 jenis pelayanan dari 47 instansi pemerintahan maupun non pemerintahan.

“Dan total pelayanan tersebut masih kita kembangkan, jadi di Mal ini kedepannya jenis pelayanannya antara lain ada pengurusan SIM/Samsat/BPJS/Bea Cukai, Lahan/IMB/Investasi, Perbankan, dan Notaris serta lainnya,” terang dia.

Mall Pelayanan Publik yang rencananya akan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia ini, total biaya sewanya di tahun 2018 adalah seharga Rp 1.752.701.320 (belum termasuk Listrik dan telepon). Lokasinya di Gedung Sumatera Promotion Centre, Batam Centre, Kota Batam.

“Jadi Sekarang ini kita lagi membahas tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) di setiap instansi pemerintah dan non pemerintah, berapa lama waktu pengurusan dan hal terkait lainnya,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, selaku Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (PMPTSP) Kota Batam, Gustian Riau menambahkan, dalam pelayanannya nanti akan ada keseragaman dimana pegawai Pemerintahan Kota Batam dan BP Batam akan memakai baju seragam yang sama.

“Pada peresmian Mal Perizinan Pelayanan Publik yang akan diresmikan pada tanggal 5 Desember 2017 ini nantinya akan dilakukan oleh Presiden, bersamaan dengan meresmikan jembatan Flyover,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Mal Pelayanan Publik ini bertujuan untuk meningkatkan komitmen, kerjasama dan sinergi antara para pihak dalam rangka penyediaan, pemanfaatan serta pengembangan di bidang perizinan dan non perizinan.

Selain itu, juga berguna memberikan kemudahan akses pada satu lokasi serta percepatan proses layanan perizinan dan non perizinan bagi masyarakat. Termasuk mendorong peningkatan investasi dan pertumbuhan ekonomi di kota Batam khususnya dan di Provinsi Kepulauan Riau pada umumnya.

Kemudian, adalah untuk meminimalisir tindakan penyalahgunaan wewenang dalam pelayanan publik serta mewujudkan layanan publik yang terintegrasi dan berintegrasi. (Andi Pratama)

Please follow and like us:

  • 0

DPRD BATAM
PEMKAB BINTAN
PEMKAB LINGGA
SPACE IKLAN