Hari Kesehatan Nasional 53, Dinkes Natuna Gelar Donor Darah‎ di RSUD


PEMPROV KEPRI

Please follow and like us:

  • 0

WARTAKEPRI.co.id, NATUNA – Dalam rangka HKN (Hari Kesehatan Nasional) ke-53. Dinas Kesehatan PPKB Kabupaten Natuna bekerjasama dengan RSUD Natuna, PMI, IDI, IBI dan Ikatan perawat , laksanakan Donor darah sukarela sekaligus pemeriksaan inspeksi visual Acetat (IVA) untuk kaum ibu, Sabtu ‎(11/11/2017) di tempat UTD RSUD Natuna.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan, Drs. Abdul Gani mengatakan, dengan melakukan donor darah, kita memberikan sedikit darah dari dalam tubuh agar dapat dimanfaatkan guna membantu orang lain.

“Kegiatan donor darah ini terbuka untuk umum, siapa saja boleh donorkan darah, dan itu sudah kita umumkan ke seluruh masyarakat,” terang Abdul Gani (11/11/2017), usai membuka kegiatan tersebut.

Lanjut Gani, selain kalangan masyarakat, pihaknya juga telah memberitahukan ke seluruh OPD Pemkab Natuna melalui surat pemberitahuan dari Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna.

Sampai siang ini masih terkumpul 20 kantong darah dan akan terus berlanjut.

” Kegiatan yang dilaksanakan dalam satu hari ini, pihak penyelenggara berharap partisipasi masyarakat yang tinggi, sehingga RSUD memiliki persediaan darah yang cukup, dan berguna untuk peningkatan pelayanan Kesehatan, ” tutup Abdul Gani.

Berikut beberapa manfaat donor darah yang bisa dirasakan jika kamu menyumbangkan darah:

Menjaga kesehatan jantung dan membuat darah mengalir lebih lancar

Manfaat donor darah yang pertama adalah membantu memperlancar aliran darah hingga mencegah penyumbatan arteri. Satu penelitian menunjukkan bahwa rajin mendonorkan darah mampu menurunkan risiko serangan jantung hingga 88%. 

Dan menurut seorang dokter, mendonorkan darah membuat kita jarang sakit dan terhindari dari kanker, stroke, dan serangan jantung. Rutin menjalankan donor darah membuat kadar zat besi dalam darah menjadi stabil. Kadar zat besi dalam darah yang tinggi dapat membuat kita rentan terkena penyakit jantung. 

‎Meningkatkan produksi sel darah merah

Manfaat donor darah selanjutnya adalah meningkatkan produksi sel darah merah. Ketika donor, sel darah merah akan berkurang. Sumsum tulang belakang pun segera memproduksi sel darah merah baru guna menggantikan yang hilang.

Tubuh pun sudah dapat menggantikan darah sel-sel darah merah yang hilang ketika didonorkan dalam beberapa minggu. Rajin melakukan donor darah berarti membuat tubuh kita menstimulasi pembentukan darah baru yang segar.

Sekalian cek kesehatan

Sebelum melakukan donor darah, suhu tubuh, tekanan darah, nadi, dan kadar hemoglobin kamu akan diperiksa. Setelah donor darah selesai dilakukan, darah kamu akan dikirim ke laboratorium untuk menjalani 13 tes yang berbeda. 

Jika ada yang salah dengan darahmu , kamu pasti akan segera diberitahu. Selain berbuat mulia, kamu juga bisa mendapatkan cek kesehatan secara cuma-cuma.

Memperpanjang usia

Ternyata, manfaat donor darah tidak hanya memberikan kesehatan fisik, batin kita pun menerima manfaatnya. Berbuat baik membuat kita hidup lebih lama. Menurut satu penelitian, umur orang yang suka menolong dan tidak mementingkan diri sendiri akan bertambah empat tahun.

Membantu menyelamatkan nyawa

Banyak nyawa bisa diselamatkan dan banyak harapan bisa diberikan dengan melakukan donor darah. Darah yang telah didonorkan dapat diberikan kepada pasien darurat medis seperti korban kecelakaan, pasien operasi besar, penderita kanker atau kelainan darah, atau bahkan bayi baru lahir dengan kondisi medis tertentu.

Tahukah kamu jika setiap tanggal 14 Juli diperingati sebagai Hari Donor Darah Sedunia? Yuk, jangan takut apalagi ragu untuk mendonorkan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) atau rumah sakit terdekat. Karena banyak sekali manfaat donor darah yang bisa kamu dapatkan.(*)

Tulisan Rikyrinov

Please follow and like us:

  • 0

DPRD BATAM
PEMKAB BINTAN
PEMKAB LINGGA
SPACE IKLAN