Sosialisasi dan Kompetensi OJK di Kampus Universitas Universal Batam


PEMPROV KEPRI

Please follow and like us:

  • 0

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kepulauan Riau, masih dalam rangkaian kegiatan HUT ke-6 OJK dengan mengadakan kegiatan sosialisasi serta Kompetisi, di Gedung Universitas Universal, Sungai Panas – Batam.

Kegiatan sosialisasi ini, bertemakan Pengenalan Pasar Modal, dihadiri oleh Kepala Bursa Efek Indonesia (BEI) Kantor Perwakilan Batam, Dosen beserta Mahasiswa Universitas Universal. Sabtu, (11/11/2017)

Dalam sambutannya Kepala OJK Kepri, Iwan M. Ridwan menyampaikan, OJK yang mana berfungsi sebagai mengatur dan mengawasi Industri Jasa keuangan, serta melindungi konsumen dan masyarakat.

“Pada sosialisasi ini, diharapkan ke depannya mahasiswa di sini bisa lebih mengenal dan memahami, dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi,” terangnya.

Pasar modal adalah tempat dimana perusahaan yang memerlukan dana untuk pengembangan usaha (emiten) bertemu dengan masyarakat yang memiliki dana untuk dikembangkan atau diinvestasikan (investor).

Produknya antara lain, Saham – Tanda bukti kepemilikan atas suatu perusahaan, Obligasi – Surat pernyataan utang yang diterbitkan oleh perusahaan maupun pemerintah yang berisi janji pembayaran pokok utang dan kupon saat jatuh tempo. 

Dan Reksa Dana – Produk keuangan yang dikelola oleh Manajer Investasi, dengan menghimpun dana dari masyarakat untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek (saham, obligasi dan pasar uang).

Keuntungan berinvestasi di Pasar Modal, diantaranya, Capital gain (Selisih nilai jual dan beli), No annual tax (Tidak ada biaya penyimpanan atau biaya tahunan yang harus dibayarkan oleh investor) dan Final tax (Pajaknya bersifat final sekitar 0.1% dari harga jual).

Selanjutanya para peserta sosialisasi di tempat atau ruangan berbeda  diajak berkompetisi  dalam Game StockLab, suatu permainan di mana menuntun pemainnya bagaimana cara bermain dan berinvestasi saham.(*)

Tulisan : Andi Pratama

Please follow and like us:

  • 0

DPRD BATAM
PEMKAB BINTAN
PEMKAB LINGGA
SPACE IKLAN