Ketua TP PKK Bintan Ingin Gerakan Dasa Wisma aktif lagi di Kelurahan dan Desa


DPRD BATAM

Klik Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 0

WARTAKEPRI.co.id, BINTAN – Ketua TP PKK Kabupaten Bintan Ibu Hj Deby Apri Sujadi meminta agar Jajaran Tim Pengerak PKK yang ada di Tingkat Kelurahan/Desa, untuk dapat mengaktifkan Gerakan Dasa Wisma. Hal tersebut menurutnya, karena Gerakan Dasa Wisma ini dapat membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan dalam mensukseskan setiap program Pemerintah Daerah di masyarakat.

Dikatakannya juga bahwa selain dapat berperan aktif dalam melancarkan program-program yang sudah direncanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan, Kegiatan Dasa Wisma juga bisa diarahkan pada kegiatan peningkatan Kesehatan Keluarga.

” Salah satu tugas penting bagi TP PKK adalah mengaktifkan kembali Dasa Wisma di Tingkat Kelurahan/Desa guna mendukung Program Pemerintah Daerah. Dasa Wisma dapat juga menjadi salah satu wadah kegiatan masyarakat, dengan memberikan bantuan, informasi, serta menyerap aspirasi dari masyarakat agar tujuan peningkatan kesehatan keluarga dapat tercapai ” ujarnya saat dihubungi, Jum’at pagi (17/11).

Selain hal tersebut, menurutnya gerakan Dasa Wisma dapat juga mensinergikan kegiatan dengan program Pemerintah Daerah, sehingga fungsinya dalam menyalurkan dan memberikan informasi setiap program Pemerintah Daerah kepada masyarakat dapat lebih efektif dan efisien.

 

” Banyak program Pemerintah Daerah yang bermanfaat bagi masyarakat, Gerakan Dasa Wisma yang dilakukan oleh TP PKK di Tingkat Kelurahan/Desa tentunya harus bermanfaat, sehingga masyarakat bisa memahami dan mengerti setiap tujuan dari Program Pemerintah. Seperti halnya, menginformasikan kepada masyarakat terkait prosedur Pengobatan Gratis, mensukseskan gerakan pemeriksaan dini guna mengantisipasi pencegahan Kanker Serviks bagi kaum ibu-ibu dan juga ikut mengaktifkan kembali peran posyandu ” ujarnya.

Dirinya juga menambahkan bahwa Prinsip Dasawisma adalah pengawasan dan pemberdayaan hingga kemasyarakat bawah dan menyentuh unit masyarakat terkecil, yakni keluarga. Peran PKK dalam Dasawisma diharapkan dapat menggugah masyarakat agar termotivasi untuk selalu dinamis, mau mengubah keadaan kepada yang lebih maju lagi. Seperti dalam hal upaya peningkatan kesejahteraan keluarga.

Dikatakannya juga, bahwa banyak hal yang dapat dilakukan melalui dasawisma seperti melaksanakan kegiatan kerjabakti,  hingga mengadakan kegiatan dan mengantisipasi munculnya berbagai gejala penyakit. Selain itu, dalam hal administrasi, dengan mengupdate data di setiap kepala keluarga, usaha perbaikan gizi keluarga dan keluarga berencana (KB) dapat terlaksana. Dengan begitu Keberadaan Dasawisma akan mempermudah koordinasi dan jaringan, sehingga program-program PKK dan Program Pemerintah dapat berjalan tepat sasaran dan tepat guna.

” Organisasi PKK harus lebih mampu untuk berperan serta sebagai wadah di masyarakat, baik sebagai motivator, komunikator, dan dinamisator guna menyerap seluruh aspirasi masyarakat ” tutupnya. (*)

Sumber: Humas Bintan

Klik Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 0
PEMPROV KEPRI
PEMKAB BINTAN
PEMKAB LINGGA
SPACE IKLAN




DINKES